KEANEKARAGAMAN SPESIES TUMBUHAN DI HUTAN TAMAN GUMI BANTEN DESA WANAGIRI, KECAMATAN SUKASADA, BULELENG (Dalam Prospek Pengembangan Hutan Wisata)

  • Nyoman Wijana Jurusan Biologi, Perikanan, dan Kelautan, FMIPA Undiksha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Komposisi spesies tumbuhan yang ada di hutan Taman Gumi Banten. (2) Keanakeragaman spesies tumbuhan yang ada di hutan Taman Gumi Banten. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung di hutan Taman Gumi Banten. Populasi penelitian ini adalah seluruh spesies tumbuhan yang ada di hutan Taman Gumi Banten. Sampel penelitian ini adalah spesies tumbuhan yang terkover oleh kuadrat. Ukuran kuadratnya adalah 20x20 m2, 10x10m2, dan 1x1m2. Jumlah masing-masing kuadrat adalah sebnayak 86 kuadrat. Metode pengumpulan data adalah metode kuadrat. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sistematik sampling. Data dianalisis secara deskriptif. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Ada 68 spesies tumbuhan yang ada di keseluruhan hutan Taman Gumi Banten, (2) Diperoleh jumlah individu spesies kategori tree, sapling, dan seedling ada sebanyak 348 individu/Ha yang termasuk ke dalam kategori sedang. (3) Berdasarkan jumlah individu yang ada spesies tumbuhan yang menjadi ciri dari vegetasi hutan Taman Gumi Banten adalah pisang, kopi arabika, kopi robusta, dan yeh-yeh. (4) Indeks keanekaragaman spesies secara keseluruhan, spesies tumbuhan kategori tree diperoleh sebesar 3,28, sapling (2,51), seedling (2,89), dan gabungan antara tree, sapling, dan seedling adalah sebesar 3,39. Analisis indeks keanekaragaman secara keseluruhan pada wilayah kajian hutan Taman Gumi Banten termasuk ke dalam kategori sedang. (5) Hutan Taman Gumi Banten pada masa mendatang dapat dikembangkan sebagai objek wisata hutan dan memiliki prospek yang cerah dalam menunjang daya tarik desa wisata.

How to Cite
WIJANA, Nyoman. KEANEKARAGAMAN SPESIES TUMBUHAN DI HUTAN TAMAN GUMI BANTEN DESA WANAGIRI, KECAMATAN SUKASADA, BULELENG (Dalam Prospek Pengembangan Hutan Wisata). Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 243-254, dec. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2124>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles