Kelas Daring Bahasa Inggris di Masa Pandemi: Sebuah Tantangan Pembelajaran

  • Putu Eka Dambayana Suputra Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 menunjukkan proses yang sangat berbeda. Tatap muka di sekolah-sekolah di Indonesia telah berubah menjadi proses pembelajaran yang berjudul Belajar Dari Rumah (BDR). Terlebih, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 yang berisikan Pedoman Pembelajaran dari Rumah terkait dengan intensitas peningkatan jumlah warga yang terindikasi positif Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa kelas 6 sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris dalam jaringan (daring). Studi kasus diterapkan dalam penelitian ini dengan metode observasi langsung terhadap pembelajaran daring yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) di wilayah perdesaan; dokumentasi terhadap materi pembelajaran, tugas, dan proyek siswa; dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan yang dihadapi meliputi ekonomi siswa yang berkaitan dengan kesulitan pengadaan telepon genggam dengan spesifikasi tertentu penunjang pembelajaran dan penyediaan kuota, jaringan, waktu, materi suplemen pembelajaran, dan kemampuan siswa yg sangat beragam.

Published
2020-10-20
How to Cite
SUPUTRA, Putu Eka Dambayana. Kelas Daring Bahasa Inggris di Masa Pandemi: Sebuah Tantangan Pembelajaran. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 110-118, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2129>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles