Pemertahanan Budaya dan Tradisi Permainan Tradisional Bali melalui Literasi Digital di Era Industri 4.0

  • Made Agus Dharmadi Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website tentang permainan tradisional Bali, untuk mempertahankan budaya dan tradisi permainan tradisional Bali yang saat ini telah ditinggalkan. Metode pengembangan website ini menggunakan system development life cycle yang terdiri dari perencanaan, analisa, desain, implementasi (build and coding), pengujian dan pemeliharaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi literatur, studi dokumentasi, dan wawancara (FGD). Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan website www.permainantradisionalbali.com telah dapat dikembangkan dan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat dengan mengunjungi alamat website tersebut di browsing pencarian yang ada di internet. Pengembangan saat ini telah berhasil mengembangkan website yang modern dan menarik serta memiliki kekhasan yang menonjol di bidang budaya dan tradisi terkait permainan tradisional yang ada di Bali. Saat ini sudah hampir 85% website terisi dengan permainan tradisional dari 9 kabupaten yang ada di Bali dan sudah bisa dinikmati secara detail terkait 1) riwayat/sejarah permaian, 2) pemain, 3) pelaksanaan permainan, 4) sarana dan prasaran yang dibutuhkan, 5) komponen fisik yang dominan, dan 6) peluang olahraga prestasi. Adapun kendala yang dihadapi adalah adanya kesulitan untuk memperagakan permainan tradisional ini untuk dipraktekan untuk pengambilan video, dikarenakan adanya Pandemi Covid-19. Namun, peneliti sangat berharap di kesempatan lain pengambilan video terkait permainan ini dapat dilakukan untuk melengkapi website.

Published
2020-10-20
How to Cite
DHARMADI, Made Agus. Pemertahanan Budaya dan Tradisi Permainan Tradisional Bali melalui Literasi Digital di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 329-335, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2140>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles