The Profile Of Student’s Critical Thinking Skills In Physics Throught The Inquiri Learning Model

  • A.A.I.A Rai Sudiatmika Jurusan Fisika dan pengajaran IPA FMIPA Undiksha
  • Kompyang Selamet Jurusan Fisika dan pengajaran IPA FMIPA Undiksha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan profil keterampilan berpikir kritis fisika mahasiswa melalui model pembelajaran inquiri. Jenis penelitian ini adalah one shot case study. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik quota sampling, berjumlah 20 orang (seluruh siswa yang mengambil mata kuliah Listrik Magnet Dasar di semester genap 2019/2020). Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yaitu data keterampilan berpikir kritis fisika mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan melalui pembelajaran inquiri. Metode pengumpulan data melalui pemberian tes keterampilan berpikir kritis yang telah diuji validitas butir dan reliabilitas tes nya. Teknik analisis data secara deskriptif untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran inquiri. Hasil Penelitian menunjukkan profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa adalah sangat baik.

Published
2020-10-20
How to Cite
SUDIATMIKA, A.A.I.A Rai; SELAMET, Kompyang. The Profile Of Student’s Critical Thinking Skills In Physics Throught The Inquiri Learning Model. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 352-358, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2144>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles