Pemecahan Masalah Matematika Kehidupan Nyata Siswa Dilihat dari Jenis Kelamin

  • I Gusti Putu Suharta Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pemecahan masalah matematika kehidupan nyata merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui deskripsi sistematis kemampuan siswa dan alasan realistik dalam pemecahan masalah kehidupan nyata, dan (2) mendeskripsikan alasan realistic siswa dilihat dari perbedaan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi semua siswa kelas V SD No. 1 Baktiseraga Singaraja. Semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian (sensus study). Data tentang kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matemática kehidupan nyata dan alasannya yang diberikan oleh siswa dkumpulkan dengan tes uraian. Selanjutnya data dianaliss dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memberikan jawaban nyata dengan alasan realistik sebesar 48,56% tergolong kurang. Secara khusus, persentase kemampuan siswa memberikan jawaban nyata dengan alasan realistik untuk masing-masing masalah secara berturut-turut adalah 55,77%, 48.08%, 50.00%, dan 40.38%. Dilihat dari jenis kelamin, rata-rata persentase siswa lakilaki sebesar 29,81% dan siswa perempuan sebesar 18,75%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lakilaki lebih baik daripada perempuan dalam memberikan alasan realistik.

Published
2020-10-20
How to Cite
SUHARTA, I Gusti Putu. Pemecahan Masalah Matematika Kehidupan Nyata Siswa Dilihat dari Jenis Kelamin. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 367-373, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2145>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles