Jenis-jenis Kearifan Lokal Bali sebagai Sumber Belajar dalam Pengembangan Model Pembelajaran berorientasi Karakter Positif Siswa

  • Ni Nyoman Parwati Jurusan Matematika FMIPA UNDIKSHA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis kearifan lokal Bali yang dapat dijadikan sebagai sumber-sumber belajar dalam pembelajaran dengan kualitas valid dan menghasilkan kajian yang valid tentang pola pengintegrasian jenis-jenis kearifan lokal dalam model pembelajaran inovatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru, siswa, kepala sekolah, orang tua siswa, tokoh-tokoh masyarakat pemerhati pendidikan, dan dokumen/literatur. Subjek penelitian sebanyak 100 orang yang ditentukan secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data utama adalah peneliti dan instrumen pengumpul data tambahan adalah angket, dokumen, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah teridentifikasinya 4 jenis kearifan lokal Bali yang layak dijadikan sebagai sumber-sumber belajar, yaitu: etnomatematika, kearifan lokal teologis, kearifan lokal sosial, dan kearifan lokal ekologis. Selain itu dihasilkan pula draf kajian untuk mengembangkan model pembelajaran “PAS” yaitu model pembelajaran mendasarkan pada pengembangan konteks dan konten pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan karakter positif siswa.

Published
2020-10-20
How to Cite
PARWATI, Ni Nyoman. Jenis-jenis Kearifan Lokal Bali sebagai Sumber Belajar dalam Pengembangan Model Pembelajaran berorientasi Karakter Positif Siswa. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 359-366, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2150>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles