Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar

  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk pengetahui tingkat pemahaman guru-guru sekolah dasar tentang penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar. Data pemahaman guru didapat dari survey yang dilakukan di 82 sekolah negeri dan swasta yang berada di Kecamatan Buleleng. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Nonprobability Sample dengan tipe Puposive Sampling, berdasarkan teknik tersebut didapatkan responden dengan sebanyak 94 orang. Alat pengambilan data berupa angket selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil analisis kemudian dibandingkan dengan kriteria untuk menentukan tingkat pemahaman guru tentang RPP Merdeka Belajar. Tingkat pemahaman guru tentang RPP Merdeka Belajar mencapai skor 66.11% dan berada pada kategori Cukup. Jika dilihat dari masing-masing indikator terdapat dua indikator yang masih berkategori cukup, yaitu: 1) pemahaman guru terhadap jumlah halaman yang wajib dalam RPP Merdeka Belajar, 2) penggunaan RPP dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan pemahaman guru tentang komponen wajib dalam RPP Merdeka Belajar berada pada kategori Baik dan penggunaan RPP dalam kegiatan pembelajaran berada dalam kategori Sangat Baik. Peningkatan pemahaman guru tentang RPP Merdeka Belajar dapat dilakukan dengan cara: membaca, mengikuti kegiatan diskusi KKG, diskusi dengan teman sejawat, pembimbingan dan pendampingan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah.

Published
2020-10-20
How to Cite
LABA JAYANTA, I Nyoman; SASTRA AGUSTIKA, Gusti Ngurah. Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 403-407, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2152>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles