Implementasi Cognitive Theory of Multimedia Learning Pada Pembelajaran E-Learning

  • I Gde Wawan Sudatha Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNDIKSHA

Abstract

Kemajuan teknologi komputer memungkinkan pengembangan berbagai lingkungan belajar multimedia. Variasi media seperti teks, grafik, audio, dan video untuk menyampaikan konten pembelajaran menarik bagi pembelajar dan pebelajar untuk digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan implemnetasi cognitive theory of multimedia learning (CTML) pada pengembangan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran e-learning. Jenis penelitian ini adalah desain dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang memprogram mata kuliah e-learning dengan jumlah 25 orang mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan instrument tes dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi cognitive theory of multimedia learning (CTML) pada pengembangan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran e-learning efektif meningkatkan hasil belajar.

Published
2020-10-20
How to Cite
WAWAN SUDATHA, I Gde. Implementasi Cognitive Theory of Multimedia Learning Pada Pembelajaran E-Learning. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 417-419, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2155>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles