PENGARUH E-LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR STATISTIKA INFERENSIAL DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNDIKSHA

  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Materi, strategi, media, dan evaluasi pembelajaran dalam penyajiannya mengalami perubahan. Komponen tersebut awalnya disajikan secara cetak, namun saat ini disajikan secara digital. Untuk mengakomodasi perubahan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tersebut adalah mendesain mata kuliah yang mengadopsi TIK tersebut terutama pada mata kuliah Statistika Inferensial. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendesain e-learning berbasis Problem Based Learning (PBL) dan mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar statistika inferensial dan karakter mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan postest control group design. Populasi penelitian ini adalah 36 orang mahasiswa semester IV yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Lokasi penelitian ini di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Selama penelitian, data dikumpulkan menggunakan instrumen non tes berupa proyek yang memuat kasus-kasus dan dikerjakan secara online pada e-learning Undiksha. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik manova. Hasil penelitian menujukan bahwa skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 87,45 dan skor rata-rata kelas kontrol 78,93. Skor rata-rata karakter kelas eksperimen 88,15 dan kelas kontrol 78,26. Uji Multivariat menunjukkan bahwa harga F memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05, sehingga terdapat perbedaan hasil belajar dan karakter yang signifikan antara mahasiswa yang belajar dengan e-learning berbasis PBL dan mahasiswa yang belajar dengan e-learning berbasis direct instruction (DI). Temuan penelitian juga menemukan bahwa 81% responden pada kelas eksperimen memperoleh skor diatas 80 dan ini mengindikasikan bahwa mahasiswa telah mampu menyelesaikan kasus-kasus dalam statistik. Pada kelas kontrol hanya 53,33% responden yang memperoleh skor di atas 80.

Published
2020-10-20
How to Cite
GEDE AGUNG, Anak Agung. PENGARUH E-LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR STATISTIKA INFERENSIAL DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNDIKSHA. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 420-423, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2156>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles