Efektivitas Pemberian Penjelasan Intensif Disertai Supervisi Pengoperasian/Merangkai Alat Kategori 2 pada Praktikum Kimia Organik

  • I Dewa Putu Subamia Jurusan Kimia FMIPA UNDIKSHA

Abstract

Rendahnya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan dan merangkai alat-alat laboratorium berdampak pada kinerja praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivias pemberian penjelasan intensif disertai supervisi terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa mengoperasikan dan merangkai alat kategori 2 pada praktikum kimia organik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teknik persentase. Prosedur penelitian mulai dari analisis pendahuluan, penyusunan instrumen penelitian, identifikasi petunjuk praktikum kimia organik, pemberian perlakuan (penjelasan dan supervisi), observasi, pemberian angket, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa setelah diberi penjelasan secara intensif disertai supervisi mengoperasikan dan merangkai alat kategori 2 terkategori baik. Pemberian penjelasan secara intensif disertai supervisi pengoperasian dan merangkai alat kategori 2 efektif diterapkan pada praktikum kimia organik. Implikasinya, dapat meningkatkan kinerja praktikum, keselamatan, dan kesehatan kerja di laboratorium. Demikian pula berimplikasi pada keselamatan peralatan praktikum.

Published
2020-10-20
How to Cite
SUBAMIA, I Dewa Putu. Efektivitas Pemberian Penjelasan Intensif Disertai Supervisi Pengoperasian/Merangkai Alat Kategori 2 pada Praktikum Kimia Organik. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 87-95, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2159>. Date accessed: 16 jan. 2021.
Section
Articles