Desain Awal Pengembangan Metode Asesmen Kinerja pada Perkuliahan Geometri Bidang

  • I Putu Wisna Ariawan Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan format metode asesmen kinerja yang cocok diterapkan pada perkuliahan geometri bidang yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Produk akhir yang diharapkan dari penelitian ini adalah berupa desain metode asesmen kinerja yang dapat diterapkan pada perkuliahan geometri bidang. Pada penelitian ini digunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Desain pengembangan yang digunakan adalah model Borg dan Gall (2008) yang hanya mengadopsi 5 langkah dari 10 langkah tahapan model Borg dan Gall. Subjek yang dilibatkan pada penelitian ini terdiri dari 3 orang ahli yang memberikan penilaian terkait dengan validitas dan kepraktisan dari produk yang dikembangkan berdasarkan angket yang diberikan dengan rentang skor 1 sampai 4 pada masing-masing itemnya, 10 orang mahasiswa (yang mendapatkan perlakuan) yang memberikan penilaian terkait dengan kepraktisan dari produk yang dikembangkan berdasarkan angket yang diberikan dengan rentang skor 1 sampai 4 pada masing-masing itemnya. Berdasarkan hasil pengembangan, spesifikasi produk metode asesmen kinerja terdiri atas: Tugas (Task) yang harus diselesaikan, Rancangan Aktivitas yang dilakukan dalam Menyelesaikan Tugas (Task), dan Rubrik untuk menilai Tugas (Task) yang harus diselesaikan untuk menilai proses dan produk pengerjaan tugas. Berdasarkan hasil uji awal terhadap model asesmen kinerja yang dikembangkan, dapat disimpulkan bahwa model asesmen kinerja yang dikembangkan pada perkuliahan Geometri Bidang adalah valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Geometri Bidang.

Published
2020-10-20
How to Cite
WISNA ARIAWAN, I Putu. Desain Awal Pengembangan Metode Asesmen Kinerja pada Perkuliahan Geometri Bidang. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 431-437, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2160>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles