Pelatihan Kewirausahaan Implementasi Sistem Akuntansi dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan UMKM
Abstract
Usaha Mikro, kecil dan menengah (UMKM) mempunyai kedudukan dan fungsi yang penting yang secara bersama-sama dengan badan usaha milik negara atau swasta melakukan berbagai usaha demi tercapainya kesejahteraan bagi masyarakat. Fungsi UMKM yaitu mempersatukan, mengarahkan dan mengembangkan daya kreasi, daya cipta, serta daya usaha rakyat, terutama mereka yang serba terbatas kemampuan ekonominya agar mereka dapat turut serta dalam kegiatan perekonomian. Informasi akuntansi dipergunakan untuk menilai aktivitas manajemen dalam mengelola asset yang dipercayakan kepadanya (fungsi stewardship) serta dipergunakan pula sebagai alat pengambilan keputusan oleh pihak-pihak yang mempergunakannya. UMKM mengalami kendala dalam pemahaman penerapan akuntansi dalam operasional usahanya, upaya yang mereka lakukan adalah dengan meningkatkan kemampuan tenaga akuntansi mereka melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan secara insidental baik yang dilakukan oleh instansi terkait maupun melalui kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Namun upaya yang mereka lakukan belum menghasilkan hasil yang opimal, ditambah lagi dengan tingkat mutasi pegawai yang cukup tinggi, dimana pegawai yang sudah dilatih terkadang berpindah tempat kerja. Permasalahan ini menjadi masalah laten dan terjadi berulang-ulang sehingga sangat mengganggu operasional UMKM sehari-hari. Untuk dapat mencapai tujuan kegiatan maka metode yang dilakukan adalah berupa pendampingan kepada 20 UMKM. Pendampingan ini dilakukan dengan cara memberikan perangkat simulasi akuntansi berbasis multimedia kepada UMKM kemudian diberikan penjelasan cara penggunanya. Kegiatan pendampingan ini diawali kegiatan pembekalan penggunaan perangkat. Setelah itu dilakukan monitoring pemanfaatan perangkat simulasi tersebut. Kegiatan akhir yang dilakukan adalah evaluasi terhadap kebermanfaatan perangkat terhadap peningkatan kemampuan UMKM dalam menyusun laporan keuangan.