Transformasi Nilai Budaya Lokal dalam Permainan Tradisional "Ngejuk Lindung"
Kata Kunci:
Transformasi, Nilai Budaya Lokal, Permainan Tradisional, Ngejuk LindungAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui transformasi atau perubahan kedudukan nilai-nilai buda lokal dalam permainan tradisional Ngejuk Lindung di era digital saat ini, transformasi yang dimaksud adalah perubahan kedudukan nilai-nilai budaya lokal pada era digital dengan nilai-nilai budaya lokal dalam permainan tradisional Ngejuk Lindung. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah buku seri permainan tradisional I Made Taro yang berjudul “Dari Ngejuk Capung sampai Ngejuk Lindung” serta objek dalam penelitian ini adalah transformasi nilai-nilai budaya lokal dalam permainan tradisional “Ngejuk Lindung”. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi dokumen pada buku seri permainan tradisional I Made Taro yang berjudul “Dari Ngejuk Capung sampai Ngejuk Lindung” terkait transformasi nilai-nilai budaya lokal dalam permainan tradisional “Ngejuk Lindung” dengan cara Membaca dan Mencermati buku tersebut. Analisis data dalam enelitin ini menggunakan tiga langkah, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini di peroleh bahwa permainan tradisional Ngejuk Lindung mengandung 17 nilai-nilai budaya lokal. Nilai-nilai dalam permainan Ngejuk Lindung masih sangat relevan dengan kehidupan modern, termasuk di era digital saat ini. Setiap nilai tradisional dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari anak-anak masa kini, mulai dari bersikap jujur di dunia maya, bekerja sama dalam tugas online, hingga peduli lingkungan melalui media sosial.
Referensi
Asih, S. W., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 150. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i1.10604
Cahyani, A. P., Oktaviani, D., Ramadhani Putri, S., Kamilah, S. N., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 183–194. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.796
Cahyani, N. P. K., Deswita Lestari, N. K., Kusuma Yanti, N. M. M., & Permana Putra, I. P. A. (2024). parasali: ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BALI BERBASIS DIGITAL MELALUI PERSPEKTIF ELECTRONIK GOVERNMENT. Locus, 16(2), 103–111. https://doi.org/10.37637/locus.v16i2.1973
detik.com. (2025a). Heboh Siswi SMP di Lampung Di-bully Teman, Ditendang-Dijambak. https://www.detik.com/sumut/berita/d-7747629/heboh-siswi-smp-di-lampung-di-bully-teman-ditendang-dijambak
detik.com. (2025b). Kalah Main Game Online, Siswa SMK Aniaya Junior di Cianjur. https://www.detik.com/sumut/berita/d-7805241/kalah-main-game-online-kakak-kelas-aniaya-siswa-smk-di-cianjur
detik.com. (2025c). Motif Bullying Siswi SMP di Lampung Barat gegara Salah Paham. https://www.detik.com/sumbagsel/hukum-dan-kriminal/d-7748162/motif-bullying-siswi-smp-di-lampung-barat-gegara-salah-paham
Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076
Lazuardi, M., & Arsanti, M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis permainan tradisional. Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring), 509–512.
Mulyaningsih. (2020). Transformasi Nilai Kearifan Lokal Sebagai Modal Sosial Dalam Mengatasi Persoalan Kehidupan Masyarakat Daerah Perbatasan Guna Menghadapi Asia Future Shock Tahun 2020. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 2(2020), 105–115. http://jurnal.asmtb.ac.id
Muzakkir, M. (2021). Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(2), 28–39. https://doi.org/10.56806/jh.v2i2.16
Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, N., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). In Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7
Purnami, I. A. P. (2025). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN CERPEN “PUNYAN KAYU ANÈ MASAPUT POLÈNG DI TEGAL PEKAK DOMPU.” 10(1), 341–354.
Rasna, I. W., & Pande Tresnayani, N. P. (2021). Values of Local Wisdom in Traditional Games Penyu Mataluh in Serangan: Study Ethnopedagogy. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(2), 346. https://doi.org//10.23887/jpp.v54i2
Setiawan, A. T., & Handayani, D. (2017). Model pembelajaran berbasis permainan tradisional ancak-ancak alis sebagai pemerkuat karakter bangsa di era aec. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “DESAIN PEMBELAJARAN DI ERA ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC) UNTUK PENDIDIKAN INDONESIA BERKEMAJUAN” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 58–71.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Kedua). ALFABETA.
Sumarni, M. L., Jewarut, S., Silvester, S., Melati, F. V., & Kusnanto, K. (2024). Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(3), 2993–2998. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1330
Taro, M. (2018). Seri Permainan Tradisional dari Ngejuk Capung sampai Ngejuk Lindung. Amanda Press.
Yunus, R. (2016). Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3508
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Seminar Nasional Riset Inovatif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.