Pengembangan Modul Digital Berbantuan AI Dalam Pembelajaran Pemodelan Masalah Matematika Realistik untuk Meningkatkan Literasi Matematika
Kata Kunci:
modul digital, AI, pemodelan matematika, matematika realistik, literasi matematikaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul digital berbantuan AI dalam pembelajaran pemodelan masalah matematika realistik untuk meningkatkan literasi matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Desain. Penelitian desain terdiri dari tiga tahapan, yaitu: preliminary research phase, development or prototyping phase ,dan assessment phase. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka dalam penelitian ini hanya dilakukan fase preliminary research. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VII di 2 SMP (1 SMP di Kota Singaraja, dan 1 SMP yang berlokasi di luar Kota Singaraja). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, dan daftar cocok. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah : (1) draf modul digital berbantuan AI berhasil dikembangkan dengan menekankan prinsip Realistic Mathematics Education (RME) yang relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa, (2) modul ini menyediakan fitur interaktif, adaptif, serta mampu memberi umpan balik otomatis yang membantu siswa memahami proses pemodelan, (3) modul ini terbukti mendukung peningkatan literasi matematika siswa, terutama dalam tiga aspek utama literasi menurut kerangka PISA, yaitu: (a) merumuskan, siswa lebih terampil merumuskan masalah nyata ke dalam model matematis, (b) menggunakan, siswa mampu menggunakan konsep, fakta, dan strategi matematis untuk menyelesaikan masalah, dan (c) interpretasi, siswa dapat menafsirkan hasil penyelesaian dalam konteks kehidupan nyata.
Referensi
Baker, R. S. 2016. Big data in education: Balancing the benefits of educational research and student privacy. Springer
Blum, W., & Leiß, D. 007.How do students and teachers deal with modelling problems? Mathematical Modelling.
Gravemeijer, K., & Doorman, M.1997. Context problems in realistic mathematics education. Educational Studies in Mathematics.111-129
Holmes, W., et al.2019. Artificial Intelligence in Education: Promise and Implications. MIT Press.
Lili Rismaini, Dewi Devita. 2022.Efektivitas E-Modul Model Pembelajaran Problem Solving pada Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2).1511-1516
OECD. 2023a. “ PISA 2022 Mathematics Framework”. Paris: OECD Publishing
OECD.2023b. PISA 2022 Results (Volume II). Paris: OECD Publishing.
Plomp T, Nieveen N.2013. Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Inst Curric Dev SLO [Internet]. 1–206. Available from http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/recordDetail?accno=EJ815766
Sembiring, R. K., et al. 2008.Reforming mathematics learning in Indonesian classrooms through RME. ZDM Mathematics Education. 927-939
Stacey K. 2015.The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. IndoMS.JME.(2), 95-126
Suharta I Gusti Putu. 2016.Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pemecahan Masalah Matematika Nyata. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.49(3).137-147
Suharta, I Gusti Putu, I Made Suarjana. 2018.A Case Study on Mathematical Literacy of Prospective Elementary School Teachers. International journal of instruction.11(2),413-424
Suharta I Gusti Putu, Parwati Ni Nyoman. 2020. Analisis Pemecahan Masalah Matematika Kehidupan Nyata Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Singaraja: Undiksha
Suharta I Gusti Putu, Sudiarta I Gst Putu. 2022.Penelitian Desain: Tren baru untuk penelitian multi tahun, penyusunan skripsi, tesis, dan disertasi [Design Research: A new trend for multi-year research, drafting of theses, theses and dissertations]. 2–3
Suharta I Gusti Putu, Puja Astawa I Wayan, Parwati Ni Nyoman. 2023.Abilities of Primary School Students in Solution to Problem Real Life. International Journal of Engineering Sciences & Research Technology.12(10). 30-38
Suharta I Gusti Putu, Parwati Ni Nyoman, Wawan Sudatha I Gde. 2024.Students' Competency in Mathematical Modeling of Real Life Problems Oriented. International Journal of Innovation Scientific Research and Review. 6(9). 6971-6974
UNESCO.2021. AI and Education: Guidance for Policy-Makers. UNESCO Publishing
Van den Heuvel-Panhuizen, M. 2023.The didactical use of models in realistic mathematics education. Educational Studies in Mathematics. 9-35
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Seminar Nasional Riset Inovatif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.