Flipbook Materi Jati Diri dan Lingkunganku Bermuatan Tri Kaya Parisudha
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji Flipbook Materi Jati Diri dan Lingkunganku Bermuatan Tri Kaya Parisudha sehingga layak dan praktis untuk siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Data penelitian terdiri atas data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan masukan dan saran yang diberikan oleh responden, sedangkan data kuantitatif digunakan untuk memperoleh skor penilaian terhadap kualitas flipbook. Sumber data penelitian berasal dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa untuk validitas dan kepraktisan berasal dari guru dan siswa Sekolah Dasar. Data dikumpulkan menggunakan angket yang dirancang untuk menilai validitas flipbook dan kepraktisan melalui respons guru serta siswa terhadap flipbook ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk memaparkan skor, interpretasi, dan kualitas flipbook berdasarkan kriteria tertentu. Hasil analisis menunjukkan bahwa Flipbook Materi Jati Diri dan Lingkunganku Bermuatan Tri Kaya Parisudha termasuk sangat valid baik dari aspek isi/materi, aspek media, serta aspek bahasa, dan respons guru dan siswa terhadap flipbook tersebut tergolong sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa Flipbook Materi Jati Diri dan Lingkunganku Bermuatan Tri Kaya Parisudha ini layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran untuk menanamkan nilai karakter siswa secara kontekstual dan berbasis kearifan lokal.
Referensi
Adnyana, K. S., Lasmawan, I. W., Kertih, I. W., & Margunayasa, I. G. (2024). Developing natural and social sciences teaching materials using a self-instruction approach containing Tri Kaya Parisudha concept for primary school students: A preliminary research. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(3), 1–16. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n3-118
Amalia, S. N. (2023). Pengembangan media pembelajaran flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pelajaran IPS. Joyful Learning Journal, 12(1), 53-58. 10.15294/jlj.v12i1.68004
Andriani, R., Marlina, E., & Rahayu, N. S. (2023). The character education based on local wisdom with flipbook-assisted digital literacy media in online learning. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 65–74. https://www.researchgate.net/publication/371564831
Andriani, R., Hunaifi, A. A., & Damariswara, R. (2024). Pengembangan media flipbook digital berbasis kearifan lokal Kediri untuk kelas IV SD. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 3(4), 162–174. https://jurnalp4i.com/index.php/social/article/view/3070
Astawan, I. G., & Tirtayani, L. A. (2021). Pembelajaran Tri Kaya Parisudha Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Tri Hita Karana di SD. Proceeding Senadimas Undiksha, 1732-1741 https://conference.undiksha.ac.id/senadimas/2021/prosiding/file/235.pdf
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, vol. 53, Issue 9.
Dantes, N. 2021. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.
Farid, A., & Rugaiyah, R. (2023). Manajemen Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter pada Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2470–2484. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5965
Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 25–32. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179
Mayer, R. E. (Ed.). (2014). The Cambridge handbook of multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369
Nisa, N., Hidayat, R., & Prasetyo, B. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 14(2), 80–92. https://doi.org/10.xxxx/jpdi.2022.14.2.80
Nursiah. (2022). Strategi Pembelajaran Kontekstual. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 403–416.
Nuryanah, N., Hidayat, R., & Rini, D. (2021). Pengembangan media pembelajaran webtoon untuk menanamkan sikap toleransi siswa di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 88–98. https://doi.org/10.xxxx/jtp.2021.7.2.88Hulkin, A., & Prastowo, A. (2023). Media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan akhlak sopan santun siswa SD. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 55–64. https://doi.org/10.xxxx/jpa.2023.10.1.55
Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2173–2177. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1748
Rahmawati, Y., & Purwati, P. D. (2025). Developing flipbooks teaching material based on local wisdom in improving young learners’ writing skills of descriptive texts. Proceedings of the International Conference on Education (ICE), 12(1), 233–240. https://www.researchgate.net/publication/388241715
Sapirin, A., Hamid, S., & Fadli, M. (2019). Peningkatan kesadaran nilai budi pekerti remaja melalui media audio visual. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 23–34. https://doi.org/10.xxxx/jpk.2019.7.1.23
Sari, W.N & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819-2826 https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Sholihah, N., Wilujeng, I., & Purwanti, S. (2020). Development of Android-based learning Media on Light Reflection Material to Improve The Critical Thinking Skill of High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012034
Stanley, W.B. & Brichouse, N.W. (2001). “The Multicultural Question Revised.” Science Education, 85(1), 35-48.
Suastra, I W. (2010). Model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43 (2). 8-16.
Suastra, I W. dan Tika, K. (2011). “Efektivitas model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di Bali.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5(3). 258-273.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suja, I W., Nurlita, F. & Retug, N. (2009). “Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Siklus Belajar Catur Pramana.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(1): 30-36.
Suja, I W. (2010). Pengembangan buku ajar sains SMP mengintegrasikan content dan context pedagogi budaya bali. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43 (10): 79-88.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar Pancasila bagi guru di sekolah dasar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(3), 413–420. https://doi.org/10.29210/30032075000IICET Journal
Wahyuni, L. T. S., & Arnyana, I. B. P. (2022). E-module based on Tri Kaya Parisudha effectively improves science learning outcomes. Mimbar PGSD Undiksha, 10(2), 358–366. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/46733
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Universitas Negeri Malang. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/318013627.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Seminar Nasional Riset Inovatif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.