Penguasaan Konsep Dasar Kimia Mahasiswa Baru Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha
Kata Kunci:
penguasaan konsep dasar kimia, materi, struktur atom, molekul, ionAbstrak
Penguasaan konsep dasar kimia bagi mahasiswa baru Jurusan Kimia sangat penting dimiliki sebagai fondasi untuk mempelajari konsep kimia lanjut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguasaan konsep dasar kimia mahasiswa baru Jurusan Kimia tahun akademik 2025/2026. Penelitian deskriptif.ini melibatkan subjek penelitian sebanyak 77 mahasiswa baru tahun akademik 2025/2026 yang diambil dengan menggunakan sampling total. Objek peneltian adalah penguasaan konsep dasar kimia, meliputi materi pokok: materi dan klasifikasi materi, atom dan struktur atom, molekul dan struktur molekul, ion dan struktur ion. Data dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep pilihan ganda. Tes diberikan sebelum mahasiswa mendapatkan proses pembelajaran di Jurusan Kimia. Data dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rerata skor dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor penguasaan konsep dasar kimia mahasiswa baru 35,44 (kategori sangat kurang) dengan standar deviasi 14,25. Distribusi tingkat penguasaan konsep dasar kimia mahasiswa secara berturut-turut, yaitu baik (1,30%), cukup (3,90%), kurang (28,57%, dan sangat kurang (66,23%). Sebaran rerata skor penguasaan konsep dasar kimia pada setiap program studi, yaitu program studi Pendidikan Kimia, Kimia, dan Kimia Terapan secara berturut-turut 35,01; 35,10; dan 36,79 dengan kategori sangat rendah. Hal ini menunjukkan penguasaan konsep dasar kimia pada ketiga program studi di Jurusan Kimia masih sangat rendah. Untuk itu, perlu diupayakan strategi pembelajaran yang tepat agar penguasaan konsep dasar kimia ini dapat ditingkatkan secara optimal.
Referensi
Adi, N. P., & Azra, F. (2023). Description of students learning difficulties in the atomic structure. Jurnal Pijar MIPA, 18(5), 747-752. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i5.5584.
Afrianis, N., & Ningsih, L. (2022). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi struktur atom. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 6(2), 130–138. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/konfigurasi/article/view/1861
Andriani, R. (2023). Analisis kesulitan belajar mahasiswa program studi Biologi pada matakuliah kimia. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 74-82.
Anwar, Y. A. S., Loka, I. N., & Al Idrus, S. W. (2023). Learning loss analysis of introductory concepts of chemistry for students after the COVID-19 pandemic. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 8990–8996. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.5271.
Ausubel, D. P. (1968). Educational psychology: A cognitive view. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Defista, C., & Aznam, N. (2024). Chemistry-focused conceptual understanding research trends: A systematic review. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(4), 180-187. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i4.6534.
Febliza, A., & Yulis, P. A. R. (2018). Mapping learning difficulties in general chemistry course. Jurnal Pendidikan Kimia, 10(2), 372-376. https://doi.org/10.24114/jpkim.v10i2.10772
Herdien, R. A. (2024). Identification of misconceptions in 10th grade students on atomic structure material. Journal of Chemistry Sciences and Education, 1(2), 50-57. https://doi.org/10.69606/jcse.v1i02.129.
Johnstone, A. H. (2000). Why is science difficult to learn? Things are seldom what they seem. Journal of Computer Assisted Learning, 16(2), 91-100.
Kaya, A. (2023). Addressing student misconceptions about atoms and examining instructor strategies for overcoming them. Journal of Pedagogical Research, 7(4), 251-262. https://doi.org/10.33902/JPR.202323077.
Kusumaningrum, I. A., & Kristyasari, M. L. (2022). Misconceptions about buffer solutions. Journal of Educational Chemistry (JEC), 4(2), 99-108. https://doi.org/10.21580/jec.2022.4.2.12687
Sayre, J, Nabua, E, Salic-Hairulla, M, Alcopra, A, & Fernande, M.J. (2025). Assessing General Chemistry Learning Gaps: A Needs Assessment of Competency Mastery Among Grade 11 Learners. International Journal of Research and Scientific Innovation). https://dx.doi.org/10.47772/IJRISS.2025.90400472
Suardana, I. N., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran Kimia Dasar berbasis inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 112-123.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Seminar Nasional Riset Inovatif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.