Studi Empiris Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Literasi Sains dan Nalar Kritis Mahasiswa

Penulis

  • I Gede Astawan PGSD FIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Made Dyan Anggreni PGSD FIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

PjBL, STEM, Literasi Sains, Nalar Kritis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh PjBL-STEM terhadap literasi sains mahasiswa; (2) menganalisis pengaruh PjBL-STEM terhadap nalar kritis mahasiswa, dan (3) menganalisis pengaruh PjBL-STEM terhadap literasi sains dan nalar kritis mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah mahasiswa PGSD semester IV Singaraja berjumlah 7 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah grup random sampling. Data penelitian meliputi: data literasi sains yang dikumpulkan dengan tes dan nalar kritis dikumpulkan dengan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji Manova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh PjBL-STEM terhadap literasi mahasiswa, 2) terdapat pengaruh PjBL-STEM terhadap nalar kritis mahasiswa, dan 3) terdapat pengaruh secara simultan PjBL-STEM terhadap literasi sains dan nalar kritis mahasiswa.

Referensi

Abruscato, J. (1995). Teaching Children Science. Needham Heights: A Simon & Schuster Company.

Afriana, J., Permanasari, A., dan Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2). 202-212.

Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Edisi 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.

Amien, M. (1987). Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan Metode Discovery dan Inkuiry. Jakarta: Depdikbud.

Annisa, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM (Science, Technology, Enginnering, Art, dan Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Tesis. Universitas Jambi.

Candiasa, I M. 2004. Statistik Multivariat Dilengkapi Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja

Carin, A. (1993). Teaching Modern Science. New York: Macmillan Publishing Company.

Colette, A.T. (1994). The in The Middle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company.

Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Firman, H. (2019). Pembelajaran Kimia bagi Generasi Z di Era Industri 4.0, Makalah Seminar Nasional “Revolusi Belajar Generasi Z Menyongsong Industri 4.0” FKIP Universitas Bengkulu, 11 Februari 2019.

Hair, J. E., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. 1995. Multivariate data Analysis. Firth Edition. Prentice-Hall International, Inc

Hendarman, 2020. Mengembangkan SDM unggul melalui Profil pelajar pancasila. Makalah. Disampaikanpada acara Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Bersama Gurut dan Tenaga Kependidikan Berdedikasi, diselenggarakan oleh Pusat Penguatan Karakter, Hotel Sultan: 14 Desember 20

Hofstein, A., & Kesner, M. (2006). Industrial chemistry and school chemistry: Making chemistry studies more relevant. International Journal of Science Education, 28(9), 1017-1039.

Kemendikbud. (2015). Panduan Penilaian Untuk SD. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. (2021). Merdeka Belajar Episode Kesembilan Belas: Rapor Pendidikan Indonesia.

Kompas.com. (2019). Daftar lengkap skor pisa 2018, kemampuan baca berapa skor indonesia? Tesedia pada: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09141971/daftar-lengkap-skor-pisa-2018-kemampuan-baca-berapa-skor-indonesia?page=all, Diakses tanggal 7 Februari 2020.

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Lang, C., Powell, G., Ibrahim, F. and Moore, N. (2018). Connecting Teachers, Students and Pre-Service Teachers to Improve STEM Pathways in Schools. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 26(8), 45–66.

Marzano, R.J., Brandt, R.S., Hughes, C.S., Jones, B.F., Presseisen, B.Z., Rankin, S.C., & Suhor, C. (1988). Dimensions of thinking: A framework for curriculum and instructon. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Mehrens, W. A., & Lehmann, I. J. 1973. Measurement and evalution in education and phychology. New York: Rinehart and Winston

Munandar, S. C. U. (1997). Urgensi Pengembangan Kreativitas Anak Sejak Dini. Makalah. Disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Nasional Model Pengajaran dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa Menyongsong Era Globalisasi Tanggal 8 sampai dengan 11 Desember 1997 di IKIP Semarang.

Mudzakkir, L. (2020). Hubungan Mindset Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Sma Pada Konsep Karakteristik Gelombang Mekanik. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Panizzon, D., Geer, R., Paige, K., O’Keeffe, L., Schultz, L., Zeegers, Y. and Brown, L. (2018). Exploring the ‘Hard Facts’ around STEM in Australia: Females, Low Socioeconomic Status and Absenteeism. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 26(8), 30–44.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21” Surakarta, 22 Oktober 2016.

Peraturan Mendikbud Nomor 57 Tahun 2014 Pasal 5 Ayat 2 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/MI.

Rekha Koul, R., Fraser, B. J. and Nastitia, H. (2018). Transdisciplinary Instruction: Implementing and Evaluating a Primary-School STEM Teaching Model. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 26(8), 17–29.

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Santyasa, I W. 2004. Pengaruh model dan seting pembelajaran terhadap remidiasi miskonsepsi, pemahaman kosep, dan hasil belajar siswa pada siswa SMU. Disertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang Program Pasca Sarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran

Sheffield, R., Koul, R., Blackley, S., Fitriani, E., Rahmawati, Y. and Resek, D. (2018). Transnational Examination of STEM Education. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 26(8), 67–80.

Suastra, I W., Tika, I N., & Kariasa, I W. (2007). Pengembangan model pembelajaran IPA bagi pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Laporan Penelitian Penelitian Hibah Bersaing. UNDIKSHA Singaraja.

Tritiyatma, dkk. (2016). Keterampilan Abad 21 dan STEAM Project dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: LPPM UNJ.

Tursinawati. (2016). Penguasaan konsep hakikat sains dalam pelaksanaan percobaan pada pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. 2 (4), 72 – 84.

UNDP. (2014). Statistics of the human development report. http://hdr.undp-org/en/statistics/, Diakses Jumat, 23 Januari 2016.

UNDP. (2019). 2019 Human Development Index Ranking. Tersedia pada: http://hdr.undp.org/en/content/2019-human-development-index-ranking, Diakses tanggal 7 Februari 2020.

Utami, I. S., Septiyanto, R. F., Wibowo, F. C., dan Suryana, A. (2017). Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuN

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2025

Terbitan

Bagian

Articles