Persepsi Guru Bahasa Inggris tentang Karakteristik Siswa Gifted dan Non-Gifted serta Strategi Diferensiasi

Penulis

  • Luh Putu Artini Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Nyoman Padmadewi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ketut Susiani Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Trika Adi Ana Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

gifted, non-gifted, pembelajaran berdiferensiasi, strategi pembelajaran

Abstrak

Dalam belajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing setiap peserta didik berbeda dari segi pengalaman, motivasi, semangat, kecepatan, serta bakatnya. Anak yang berbakat (gifted) akan belajar dengan cepat dan lebih fokus dibandingkan dengan anak-anak yang tidak berbakat (non-gifted). Penelitian ini adalah penelitian dasar yang bertujuan untuk mengeksplorasi karakteristik anak-anak yang memiliki bakat khusus dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing (gifted children) dan yang kurang berbakat (non-gifted) ditinjau dari dua sudut pandang persepsi guru Bahasa Inggris di sekolah dasar dan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan guru untuk memfasilitasi perbedaan siswa.  Instrumen yang digunakan dikembangkan dari karakteristik anak gifted dan non-gifted khusus dalam konteks pembelajaran bahasa asing. Data dikumpulkan melalui kuesioner persepsi, observasi kelas, dan Focus Group Discussion. Data kuantitatif adalah perhitungan prosentase respon dan rata-rata skor pilihan pada kuesioner persepsi yang menggunakan 5-point Lickert Scale. Ada lima orang guru yang terlibat di tiga sekolah dasar yang dipilih sebagai setting penelitian yaitu: satu sekolah dasar negeri, satu sekolah dasar swasta, dan satu sekolah dasar nasional plus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesesuaian yang tinggi antara teori dan persepsi guru dalam menilai apakah peserta didik berbakat (gifted) dalam belajar bahasa Inggris sebagai bahasa Asing. Persepsi guru terfokus pada domain kosa kata, struktur kalimat, kemampuan menyimak, serta semangat dalam belajar.

 

Referensi

Aahyuningtyas, F., Ramadhan, S., & Hasanah, U. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 45–56.

Agustina, V. (2007). Perceptions of Indonesian primary school teachers toward their readiness in teaching English to young learners. International Journal of Language Education, 1(1), 20–29.

Aprianti, R., Mulyono, H., & Santoso, I. (2023). Implementing differentiated instruction to improve students’ English learning outcomes on recount text. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 8(2), 112–125.

Atmowardoyu, Sakkir, and Isnaeni, (2023) Characteristics of Good Language Learners in Indonesia EFL Contexts.

Arancibia, V., Boyanova, D., and Gonzales, P. (2016). Cognitive Characteristics of Gifted and Non-Gifted Fifth Grade Cjilean Students from Economically Vulnerable Contexts. Universal Journal of Educational Research 4(4), 744-754

Belzic, R. (2022). Teachers’ perceptions of using differentiated instruction to meet the needs of gifted students in middle school general education classrooms. Journal for the Education of the Gifted, 45(3), 189–204.

Hamilton, Long, & McCoach (2020). Proficiency and Giftedness: The Role of Language Comprehension in Gifted, Identification, and Achievement

Laila, F. N., Prastiwi, Y., & Fauziati, E. (2022). Challenges of Teaching English for Elementary School Students in Indonesian Rural Areas. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI). DOI: 10.23887/jpiundiksha.v12i3.57804.

Lichtman, M. (2023). Qualitative Research in Education: A User’s Guide. New York: Routledge.

Marantika, I. G. A., Suparsa, I. N., & Purnawati, N. L. P. S. (2023). Mentoring teachers in implementing differentiated instruction in classroom learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(3), 188–196.

Marlina, N. (2020). Pembelajaran berdiferensiasi: Strategi pembelajaran dalam menghadapi keragaman peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(2), 123–135.

McKay, P. (2008). Assessing Young Language Learners. In ELT Journal (Vol 63, Number 1). https://doi.org/10.1093/elt/ccn063.

Novtian, A., & Yayani, N. (2023). Challenges in implementing the Merdeka curriculum: A case study of English teachers in Cirebon. Journal of Curriculum and Instruction, 11(2), 142–153.

Oktavia, D. , H. N. , B. L. , & K. R. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar: Need Ansalisis Study. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 257–265. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1260.

Padmadewi, N. N., Sukadana, I. M. S. A., Artini, L. P., Ana, I. K. T. A., Lesmana, K. Y. P., & Susiani, K. (2024). Inclusive education: Survey on teachers’ perception of its implementation. Indonesian Journal of Instruction, 5(3), 315–330. https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.81932.

Pinter, A. (2017). Teaching Young Language Learners (2nd ed.). Oxford University Press.

Putu Novi Trisna Cahyani, Luh Putu Artini, & Made Hery Santosa. (2024). Teaching And Learning Activities During The Implementation Of Kurikulum Merdeka In Junior High School. A descriptive study in junior high school. Indonesian Journal of Educational Research, 17(1), 55–68.

Ratminingsih, N. M., Artini, L. P., Santosa, M. H., & Adnyani, L. D. S. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Abad 21pegangan guru profesional.

Ratminingsih, N. M., & Budasi, I. G. (2018). Local culture-based picture storybooks for teaching English for young learners. SHS Web of Conferences, 42, 00016. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200016.

Renzulli. (1978). What makes giftedness? Re-examining a definition. Phi Delta Kappan, 60(3), 180–184.

Renzulli. (2005). The three-ring conception of giftedness: A developmental model for promoting creative productivity. In R. J. Sternberg & J. E. Davidson (Eds.), Conceptions of Giftedness (2nd ed., pp. 246–279). Cambridge University Press.

Roberta Baldini, & Maria Grazia Mada Logrieco. (2023). The Gifted Student: Gifts and Talents Development.

Safriana, S. , I. A. , I. D. , and U. M. (2016). A Systematic Review of Teachers’ Obstacles in Implementing Differentiated Learning in Junior High Schools. Asian Journal of Science Education. 11 (2). 112-118.

Safriana, S., Irfan, A., Iramadhani, D., & Ula, M. (2016). A Systematic Review of Teachers’ Obstacles in Implementing Differentiated Learning in Junior High Schools. Asian Journal of Science Education. 11 (2). 112-118.

Shin, S. (2020). Bilingualism in Schools and Society: Language, Identity, and Policy (2nd ed.). Routledge.

Staniqzai, A. (2023). Socio-emotional characteristics of gifted learners in inclusive classrooms. Journal of Child Psychology and Education, 15(2), 101–110.

Sunarni, S., & Karyano, H. (2023). Teachers’ perceptions on implementing the Merdeka curriculum in elementary schools. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 66–75.

Suwastini, N. K. A., Jayantini, I. G. A. S. R., & Yasa, I. N. A. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(1), 66–75.

Tomlinson, C. (2001). How to differentiate instruction in mixedability classrooms (2nd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Alexandria, VA: ASCD.

Yuen, S. Y., Luo, Z., & Wan, S. W. (2023). Challenges and Opportunities of Implementing Differentiated Instruction amid the COVID-19 Pandemic: Insights from a Qualitative Exploration. Educ. Sci. 2023, 13(10), 989; https://doi.org/10.3390/educsci13100989.

Yuliana. (2003). Teaching English to Young Learners Through Songs. Journal of English and Education, 5, 62. https://doi.org/10.20885/jee.vol1.iss2.art7.

Ngoc, D.H., and Hong, C.T. (2023) Exploring Learning Needs of Gifted EFL High School Students in Vietnam: Teachers’ and Students’ Perceptions. VNU Journal of Foreign Studies, 39 (3), 102-127.

Yildirim, R. and Akcayoglu (2019). A Study of Young Gifted Learners’ and Their Teachers’ Perceptions of Effective EFL Learners. Journal of the Education of the Gifted. December. (2018)

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2025

Terbitan

Bagian

Articles