Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Mindful Learning Berbasis Narrative Inquiry untuk SMA di Buleleng

Penulis

  • Kadek Sonia Piscayanti Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Indonesia
  • IGA Lokita Purnamika Utami Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Indonesia
  • Ni Wayan Monik Rismadewi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Indonesia

Kata Kunci:

Mindful Learning, Narrative Inquiry, Pembelajaran Bahasa Inggris, SMA, Buleleng

Abstrak

Rendahnya tingkat literasi di Indonesia membuat pemerintah mengupayakan strategi pembelajaran baru yang lebih bermakna. Salah satu pendekatan yang mulai dikembangkan adalah mindful learning, yaitu pembelajaran yang menekankan kesadaran, fleksibilitas berpikir, penerimaan diri, dan kepekaan terhadap konteks lokal. Mindful learning dipadukan dengan narrative inquiry dipandang relevan untuk mengeksplorasi pengalaman belajar siswa secara reflektif dan mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi mindful learning pada jenjang SMA, menilai hasil pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan tersebut, serta memahami makna yang diperoleh siswa. Metode yang digunakan adalah mix-methods dengan desain concurrent triangulation. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara, refleksi naratif, dan observasi, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner dan tes. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA, memperluas kajian tentang mindful learning di Indonesia, dan memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran berbasis kedamaian dan produktivitas.

Referensi

Anwar, C. M. (2024). Pembelajaran Mendalam untuk Membentuk Karakter Siswa sebagai Pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97–104. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559

Barkhuizen, G. (2021). Pushing the edge in narrative inquiry. System, 102, 102656. https://doi.org/10.1016/j.system.2021.102656

Byrne, G. (2015). Narrative inquiry and the problem of representation: ‘Giving voice,’ making meaning. International Journal of Research & Method in Education, 40(1), 36–52. https://doi.org/10.1080/1743727X.2015.1034097

Clandinin, D. J., & Connelly, F. M. (2000). Narrative inquiry: Experience and story in qualitative research. Jossey Bass.

Creswell, J. W. (2009). Research design: Quantitative, qualitative, and mixed method approaches. Sage.

Creswell, J. W. (2009). Research design: Quantitative, qualitative, and mixed method approaches.

Fallah, N. (2016). Mindfulness, coping self-efficacy, and foreign language anxiety: A mediation analysis. Educational Psychology, 37(6), 745–56. https://doi.org/10.1080/01443410.2016.1149549

Langer, E. J. (1997). The power of mindful learning. Addison-Wesley.

Langer, E. J. (2000). Mindful learning. Current Directions in Psychological Science, 9(6), 220–223. https://doi.org/10.1111/1467-8721.00099

Lin, J. W., & Mai, L. J. (2016). Impact of mindfulness meditation intervention on academic performance. Innovations in Education and Teaching International, 55(3), 366–375. https://doi.org/10.1080/14703297.2016.1231617

Lin, Y. T. (2020). The interrelationship among psychological capital, mindful learning, and English learning engagement of university students in Taiwan. SAGE Open, 10(1). https://doi.org/10.1177/2158244020901603

Maharani, K. P. (2024). Menurunnya tingkat literasi di kalangan generasi Z Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/kharismaputri0593/6629a292c57afb38bf2f1c92

Ngnoumen, C. T., & Langer, E. J. (2016). Mindfulness: The essence of well-being and happiness. In I. Ivtzan & T. Lomas (Eds.), Mindfulness in positive psychology: The science of meditation and wellbeing (pp. 97–107). Routledge/Taylor & Francis Group.

Piscayanti, K. S. (2018). The power of mindful learning in professional development course. SHS Web of Conferences, 42, 00100. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200100

Piscayanti, K. S. (2021). Cultivating mindful learning in EFL poetry class: A way to make creative and productive writers. International Journal of Research in Education, 1(1), 60–74. http://journal.upgris.ac.id/index.php/ijre/article/view/7947

Piscayanti, K. S. (2024a). Implementing a mindfulness approach to stimulate EFL learners in improving their skills and creativity in poetry writing. (Unpublished Dissertation). Universitas Pendidikan Ganesha.

Piscayanti, K. S., Mujiyanto, J., Yuliasri, I., & Astuti, P. (2024b). The voice of identity: The power of mindfulness-based approach in EFL poetry classroom. Theory and Practice in Language Studies, 14(2), 376–384. https://doi.org/10.17507/tpls.1402.08

Piscayanti, K. S., Ratminingsih, N. M., & Utami, I. G. A. L. P. (2020). Pengaruh penerapan mindful learning terhadap kreativitas dan produktivitas mahasiswa dalam pembelajaran poetry. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sherretz, C. E. (2006). Mindfulness in education: Case studies of mindful teachers and their teaching practices. (Doctoral dissertation). Georgia Southern University.

Unduhan

Diterbitkan

05-11-2025

Terbitan

Bagian

Articles