Kajian Pengelolaan Laboratorium IPA SMP N 1 Singaraja Berdasarkan Standarisasi Permendiknas RI Tahun 2007
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan tata kelola laboratorium IPA SMPN 1 Singaraja. Acuan yang digunakan untuk melakukan analisis yaitu Permendiknas RI tahun 2007. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif interpretatif. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada dasarnya kegiatan laboratorium akan sangat mendukung pelaksanaan proses pembelajaran IPA, terutama karena IPA dibangun dari berbagai eksperimen. Disamping merupakan salah satu aspek penilaian penjaminan mutu pendidikan nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pengadaan sudah dilakukan sesuai dengan prosedur, sehingga keberadaan sarana dan prasarana sudah memenuhi standar. Namun demikian, dalam hal pelaksanaan praktikum belum dilaksanakan dengan baik, dan dalam kegiatan pemusnahan barang yang tidak bisa digunakan tidak pernah dilakukan. Oleh karena hal itu maka pengelolaan laboratorium IPA SMPN1 Singaraja belum dilaksanakan secara optimal.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.