Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Berpikir Komputasi pada Materi Aljabar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal berpikir komputasi pada materi aljabar. Soal berpikir komputasi pada materi aljabar tersebut merupakan suatu alat ukur yang dirancang untuk menilai keterampilan penting dalam menyelesaikan masalah yang melibatkan aspek dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola, dan berpikir algoritma. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2024/2025 dengan melibatkan satu kelas dengan responden sebanyak 30 siswa kelas VII sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model analisis data yang terdiri dari proses pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data diperoleh dengan memberikan tes berpikir komputasi materi aljabar yang telah diuji validitas dan reliabilitas sehingga layak digunakan. Pada uji pakar soal yang diberikan dinyatakan valid dengan koefisien validitas sebesar 1,0 dan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,637. Dalam penerapannya siswa menghadapi kesulitan yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan siswa umumnya terjadi pada aspek dekomposisi, dimana siswa kesulitan memecahkan masalah kompleks menjadi bagian-bagian sederhana, serta pada aspek algoritma, dimana siswa tidak mampu menyusun langkah penyelesaian yang tepat. Faktor utama penyebab kesalahan adalah kurangnya pemahaman konsep dasar aljabar dan kurangnya latihan soal dalam mengembangkan keterampilan berpikir komputasi.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.