Pengembangan E-Modul Etnomatematika Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Penulis

  • I Gusti Nyoman Yudi Hartawan Undiksha
  • Rama Undiksha
  • Pujawan Undiksha

Kata Kunci:

E-Modul Interaktif, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, iSpring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis etnomatematika guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. E-modul yang dikembangkan menanamkan konsep-konsep matematika dengan kearifan lokal dan budaya Bali, sehingga pembelajaran menjadi lebih kontekstual dan menarik bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. E-modul interaktif ini dikembangkan dengan bantuan aplikasi iSpring yang terintegrasi dengan PowerPoint. Hasil dari penilaian ahli media mencapai angka 4,75 dan ahli materi mencapai angka 4,95 dengan kriteria kevalidan sangat tinggi. Uji coba e-modul interaktif yang dikembangkan melibatkan 35 siswa kelas VIII. Hasil skor kepraktisan dari guru dan siswa dengan metode UEQ (User Experience Questionnaire) memperoleh hasil pada aspek daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi berkategori unggul kemudian pada aspek kebaruan berkategori baik. Kemudian efektivitas yang terlihat saat uji coba adalah peningkatan signifikan dalam hasil tes kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah menggunakan e-modul interaktif yang memenuhi kriteria sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,5.

Referensi

Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241–249.

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Santri Syafri, F. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Dalam Academic Journal of Math (Vol. 02, Nomor 02). http://journal.staincurup.ac.id/index.php/arithmetic/index

Fajriyah, E. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.

Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2020). Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 148–158.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64–74.

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi covid 19. Tematik, 7(1), 38–50.

Leacock, T. L., & Nesbit, J. C. (2007). A framework for evaluating the quality of multimedia learning resources. Journal of Educational Technology & Society, 10(2), 44–59.

Pangestu, M. F., Ristiana, R., & Ratnaningsih, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat Berbasis Etnomatematika dengan Menggunakan Macromedia Flash Professional 8. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 181–188.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17–25.

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Design and evaluation of a short version of the user experience questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4 (6), 103-108.

Widyastuti, R., Anggoro, B. S., Negara, H. S., Yuliani, M. D., & Utami, T. N. (2020). Understanding mathematical concept: The effect of savi learning model with probing-prompting techniques viewed from self-concept. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012060.

Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp 1 bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48.

Unduhan

Diterbitkan

03-12-2024

Terbitan

Bagian

Articles