Transformasi Nilai Pendidikan Karakter Pada Kumpulan Cerpen Karya IGB Wèda Sanjaya
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui transformasi atau perubahan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen “Punyan Kayu anè Masaput Polèng di Tegal Pekak Dompu” oleh IGB Wèda Sanjaya terhadap peserta didik jaman sekarang, transformasi yang dimaksud adalah perubahan karakter pada peserta didik era jaman sekarang berbanding dengan nilai pendidikan karakter pada kumpulan cerpen. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen “Punyan Kayu anè Masaput Polèng di Tegal Pekak Dompu” oleh IGB Wèda Sanjaya yang terdiri dari 12 judul cerpen dan dalam penelitian ini akan menggunakan 8 judul cepern serta objek dalam penelitian ini adalah transformasi nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen “Punyan Kayu anè Masaput Polèng di Tegal Pekak Dompu” oleh IGB Wèda Sanjaya terhadap peserta didik era jaman sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca, teknik catat dan studi kasus, serta metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Luaran yang ditargetkan melalui penelitian ini adalah mampu membuat jurnal nasional terakreditasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa Kumpulan Cerpen “Punyan Kayu anè Masaput Polèng di Tegal Pekak Dompu” oleh IGB Wèda Sanjaya dengan 8 judul cerpen mengandung 10 nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, jujur, toleransi, kerja keras, cinta tanah air, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Transformasi 10 nilai pendidikan karakter tersebut sangatlah berbanding terbalik pada peserta didik jaman sekarang. Transformasi tersebut ada yang ke ranah positif dan ranah negatif karena pengaruh perkembangan jaman.
Kata Kunci: Transformasi, Nilai Pendidikan Karakter, Cerpen
The aim of this research is to find out the value of character education contained in the Balinese pop song "Taksu Bali", its relevance to behavior in everyday life, and to apply the values contained in the Balinese pop song in behavior that is in accordance with morals and is not deviating from religious teachings. The method in this research is qualitative, the subject of this research is the Balinese pop song "Taksu Bali" by Harmonia feat Gus Teja and the object of this research is the value of character education in Balinese pop songs. Data collection techniques were carried out using reading techniques, phrasing techniques and case studies, as well as data analysis methods including data reduction, data presentation and drawing conclusions. The output targeted through this research is being able to make the journal nationally accredited. The TKT for this research is at level 2, where the results of this research can later be applied in forming children's character through learning at school and at home. Parents can insert character education values in their children in everyday life, for example listening to songs where the lyrics contain character education values. Likewise with learning at school, teachers insert the value of character education in learning through fun activities such as singing, where the lyrics of the song contain the value of character education. Based on the research that has been carried out, the results of the character education values in the Balinese pop song "Taksu Bali" by Harmonia feat Gus Teja obtained 5 character education values.
Keywords: Transformation, Value of Character Education, Short Stories
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.