Efektivitas Bahan Ajar IPA Berbantuan PhET dalam Ujicoba Terbatas untuk Meningkatkan Hots Siswa SMP
Abstrak
Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking (hots) merupakan aspek sangat penting dalam pembelajaran. Realita, perolehan hots siswa SMP dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) masih rendah. Ada beberapa penyebab rendahnya hots, yaitu pembelajaran masih konvensional, proses pembelajaran kurang melatih hots, bahan ajar kurang memberi perolehan maksimal karena bahan ajar masih linear, kurang kontekstual dengan masalah sehari-hari yang kurang mencerminkan hots. Atas dasar ini dengan landasan teori konstruktivisme, pembelajaran online, tuntutan kurikulum, realita perolehan hots, serta ditunjang dengan analisis kebutuhan, maka dikembangkan bahan ajar IPA dengan berbantuan teknologi yang memberi peluang perolehan hots. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas bahan ajar IPA berbasis masalah (biberma) berbantuan simulasi PhET untuk meningkatkan hots siswa. Bahan ajar ini digunakan pada ujicoba terbatas dalam model blended problem- based learning (BPBL). Bahan ajar ini dikatakan efektif untuk meningkatkan hots siswa jika memenuhi aspek: (1) terdapat peningkatan hots siswa secara signifikan, dan (2) peningkatan hots berkategori sedang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX8 SMPN 6 Singaraja yang dipilih dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen satu kelompok pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan Paired-Test dan normalized gain (N-gain, t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan biberma berbantuan PhET dapat meningkatkan hots siswa; (2) rata- rata N-gain adalah 0,5 berkategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biberma berbantuan PhET efektif untuk meningkatkan hots siswa pada ujicoba terbatas dalam model BPBL.
Referensi
Fananta, M. R., Widjiasih, A. E., Setiawan, R., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., Akbari, Q, S., & Ayomi, J.M. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prihatni, Y., Kumaidi, & Mundilarto. (2016). Pengembangan instrumen diagnostik kognitif pada mata pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 111–125.
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/7524
Novili, W. I., Setiya U., Duden Saepuzaman., & Saeful K. (2017). Penerapan Scientific Approach dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 8(1):57-63
Griffin, P. & Care, E. (2015). Assessment and teaching of 21st century skills: Methods and approach. New York: Springer.
Jatmiko, B., Prahani, B.K., Supardi, M.Z.A.I., Wicaksono, I., Erlina. N., Pandiangan, P., Rosyid., A., Zainuddin. (2018). The Comparison of OR-IPA Teaching Model and Problem Based Learning Model Effectiveness to Improve Critical Thinking Skills of Pre-Service Physics Teachers. Journal of Baltic Science Education, 15 (4), 300- 319.
Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Suswandi, I. (2020). The Effectiveness of Problem- Based Interactive Physics E-Module on High School Students' Critical Thinking.
Journal of Physics: Conf. 1503 (2020) 012025
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass/Wiley.
Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers ’ Summative Assessment. Journal of Educational Research and Evaluation, 3(3), 127–133.
Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Suswandi, I. (2022). Efektivitas E-Modul Fisika Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET dalam Ujicoba Terbatas untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 12(2), 181-191.
Kemendikbud, 2016. Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gurría, A. (2019). Programme for international student assessment 2 PISA 2018 results in focus. OECD Secretary-General.
OECD (2023), PISA 2022 Assessment and Analytical Framework, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en.
Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Suswandi, I. (2023). Efektivitas E-Modul Fisika Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET Pengembangan E-Modul Ajar Fisika Interaktif berbasis Masalah Berbantuan PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA. Laporan Penelitian Pengembangan Universitas Pendidikan Ganesha.
Astuti, O. W., Zulyusri, & Putri, D. H. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII Semester II. (Develompent of the Scientific Literacy Assessment Based on Science Subjects Class VIII Semester II). Journal Biosains. 1(2): 227-234.
Alti, R. P., Lufri, Helendra, H., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Instrumen asesmen berbasis literasi sains tentang materi keaneragaman hayati kelas X. Journal for Lesson and Learning Studies. 4(1): 53-58
Brooks, J.G., & Brooks, N.G. (1993). In Search of Understanding: The Case for Constructivist Classrooms. Virginia : Association for Supervision and Curriculum Development
Lawson, A.E. (1998). Science Teaching and The Development of Thinking. California:Wadworth Publishing Company.
Ibrahim, M., & Nur, M. (2004). Pembelajaran berdasarkan masalah.Unesa-University Press. Surabaya.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.
Donnelly, R. & McSweene, F. (2009). Applied e-learning and e-teaching in higher education. New York: Information Science Reference (an imprint of IGI Global).
Moeller, S., Spitzer, K. & Sprecklsen, C. (2010). How to configure blended problem based learning–Results of a randomized trial. Medical Teacher 2010; 32: e328–e346
Naidu, S. (2006). E-Learning: A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. 2nd Ed. Electronic Book. pp:1-2.
Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Suswandi, I. (2018). Efektivitas E-modul Fisinberma dalam Ujicoba Terbatas untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja. Prosiding Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI) Undiksha Ke-6. 2018, 666-670.
Sari, R.B., Haris, A., & Aziz, A. (2021). Studi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika di SMA. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 17(1), 57-68.
Shofiyah, N., dan Fitri E. W. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih
Finkelstein, N. (2006). “Hightech Tools For Teaching Physics:The Physics Education Technology Project”. Merlot journal of online learning and teaching. Vol. 2 (3): 110- 121.
Finkelstein, N.D., Perkins, K.K., Adams, W., Kohl, P., & Podolefsky, N. (2004). “Can Computer Replace Real Equipment in Undergraduate Laboratories?”, Physics Education Research Conference Proceedings. Tersedia pada http://www.colorado.edu/physics/EducationIssues/papers/ Finkelstein_PER C1. pdf
Finkelstein, N.D., Adams, W., Keller, C.J., Kohl, P., Podolefsky, N., & Reid. (2005). “When learning about the real world is better done virtually: A Study of substituting computer simulation for laboratory equipment”. Physical Review Special Topics- Physics Education Research. Tersedia pada di http://prst- per.aps.org/abstract/PRSTPER/v1/i1/e010103
Sparman, U. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
(Hots) Peserta Didik. Bnadar Lampung: Pusaka Media.
Ramirez, R.P.B., & Ganaden, M.S. (2008). Creative activities and students’ higher
order thinking skills. Education Quarterly. 66(1), 22-33.
Anderson, L.W, &. Krathwohl, D.R. (2001). A taxonomy for learning,teaching, and assessing New York: Longman.
Kemendikbud. (2023). Perbedaan Modul Ajar, Bahan Ajar, dan Modul Projek. Tersedia pada https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/5010165576089-Perbedaan-Modul-Ajar-Bahan-Ajar-dan-Modul-Projek
Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Suswandi, I. (2018). Efektivitas E-modul Fisinberma
dalam Ujicoba Terbatas untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja. Prosiding Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI) Undiksha Ke-6. 2018, 666-670.
Eldy, F.E., & Sulaiman, F. (2019). PBL Online Learning in Thermodynamics andStatistical Physics: Students’ Readiness. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT). 8(6S3), 355-359.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.