Analisis Fungsional dan Pengalaman Pengguna Augmented Reality pada Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan
Kata Kunci:
Augmented Reality, Pembelajaran IPA, Struktur Tumbuhan, User Experience EvaluationAbstrak
Teknologi Augmented Reality (AR) telah menjadi alat pedagogis potensial dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini memperkenalkan sebuah aplikasi AR berbasis Android yang dirancang khusus untuk memvisualisasikan struktur dan fungsi tumbuhan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Terlepas dari relevansi materi ini, terbatasnya bahan ajar konvensional yang mampu menyajikan konsep-konsep tersebut secara konkret menimbulkan kesenjangan dalam pembelajaran yang mendalam. Aplikasi ini menawarkan pendekatan baru yang mengatasi kesenjangan tersebut dengan mengintegrasikan AR untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih intuitif.
Metode evaluasi menggunakan Blackbox Testing menunjukkan aplikasi berfungsi sesuai spesifikasi teknis, sedangkan analisis pengalaman pengguna melalui User Experience Questionnaire (UEQ) menilai kualitas pengalaman dari dimensi atraksi, kejelasan, efisiensi, serta stimulasi pengguna. Hasil penelitian ini menampilkan temuan signifikan bahwa aplikasi AR yang dikembangkan mampu meningkatkan pemahaman dan minat belajar siswa secara substansial. Novelty dari studi ini terletak pada integrasi AR dalam materi yang bersifat abstrak, serta kemampuannya untuk mendukung pendidik dalam menyampaikan konsep IPA yang kompleks. Dengan demikian, aplikasi ini menunjukkan potensi untuk menjadi alat bantu pembelajaran yang efektif dan layak diimplementasikan lebih luas dalam lingkungan pendidikan.
Referensi
J. Juhaeni, S. Wiji, A. J. Wadud, H. Saputra, I. N. Azizah, and S. Safaruddin, “Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan,” Journal of Instructional and Development Researches, vol. 2, no. 6, pp. 241–247, Dec. 2022, doi: 10.53621/jider.v2i6.176.
B. E. F. Susetya and N. Harjono, “Pengembangan Media Filter Instagram Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Blasius Eka Febrian Susetya 1 , Nyoto Harjono 2,” Tahun, vol. 6, no. 6, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i6.4228.
J. Juhardi and A. Amirullah, “Efektivitas Media Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Keanekaragaman Biota Perairan,” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 51–59, Apr. 2022, doi: 10.30605/jsgp.5.1.2022.1473.
T. Nurrita, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA,” 2018.
B. Setyawan, Nf. Rufii, and Ach. N. Fatirul, “AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI SISWA SD,” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 7, no. 1, pp. 78–90, Jul. 2019, doi: 10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90.
Muhdan, “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Memahami Sifat Sifat Bunyi dengan Metode Ctl Model Learning Community pada Siswa KelasnIV SDN Bisok Bokah Tahun Pelajaran 2019/2020”, [Online]. Available: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Mawardi, “Merancang Model dan Media Pembelajaran.”
N. Azizah and R. Dewi, “Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini,” Maret 2021, vol. 06, no. 01, doi: 10.24903/jw.v4i2.585.
A. Eko Widodo, A. Widayanto, and S. Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pemasaran Properti Berbasis Android,” Online.
A. W. Prayugha and F. Zuli, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING,” Jakarta, vol. 12240, no. 11, p. 7398393.
M. H. Muladi, T. Listyorini, and E. Supriyati, “Implementasi Augmented Reality Pada Pengenalan Tanaman Herbal Berbasis Android,” vol. 1, no. 2, pp. 87–99, 2022, doi: 10.55123/jumintal.v1i2.782.
D. Deslianti, Pahrizal, and R. Anugrah, “Pembuatan Video 3D Kampus IV Universitas Muhammadiyah Bengkulu Menggunakan Blender dan Adobe Premier,” 2020. [Online]. Available: https://jurnal.ikhafi.or.id/index.php/jusibi/289
S. V. Dero and Yulhendri, “PENERAPAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT DALAM MEMBANGUN WEBSITE E-COMMERCE,” Jurnal Sains Dan Teknologi (JSIT), vol. 2, no. 1, pp. 37–45, 2022, doi: 10.47233/jsit.v2i1.84.
J. Riset, T. Dan, I. Pendidikan, R. Wirawan, M. Awal Nur, and R. Syahraeni, “Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia,” vol. 3, no. 1, pp. 75–83, 2020.
M. Aman and Suroso, “Pengembangan Sistem Informasi Wedding Organizer Menggunakan Pendekatan Sistem Berorientasi Objek Pada CV Pesta,” Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 47–60, Apr. 2021, doi: 10.25008/janitra.v1i1.119.
D. Khuntari, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab dengan Pendekatan User Experience Questionnaire,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 1, Apr. 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i1.4499.
F. Saputra, N. Khaira, and R. Saputra, “Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature),” JKIS, vol. 1, no. 1, 2023, doi: 10.38035/jkis.v1i1.
R. A. Agustina and A. Gustalika, “Bulletin of Information Technology (BIT) Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Linkaja Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” vol. 3, no. 4, pp. 323–331, 2022, doi: 10.47065/bit.v3i1.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.