Penggunaan Verba Bahasa Jepang oleh Mahasiswa Semester 1 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Kata Kunci:
bahasa Jepang, verba, Marugoto, linguistik terapanAbstrak
Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha pada tahun 2023 memutuskan untuk mengganti buku ajar yang digunakan. Dari penggunaan buku Minna no Nihongo berganti menjadi Marugoto. Angkatan 2023 merupakan Angkatan pertama yang menggunakan buku Marugoto untuk mempelajari Bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan bantuan Voyant Tools dalam menganalisis data. Dari tugas mahasiswa yang terkumpul terdapat 531 kalimat yang menjadi data penelitian. Buku Marugoto lebih menekankan pada penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga pola kalimat dan kosakata yang dipilih pun terkait hal-hal yang diucapkan pada kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya latihan lebih banyak ke keterampilan menyimak dan berbicara. Mahasiswa tingkat satu yang telah mempelajari Marugoto tingkat A1 dan A2 Tingkat dasar 1 maka diharapkan menguasai 100 verba. Pada pembelajaran tata bahasa atau Bunpou setiap mahasiswa diminta untuk membuat contoh kalimat yang sudah mereka pelajari. Dari contoh-contoh yang dibuat ditemukan penggunaan verba yang digunakan hanya 56% dari 100 verba yang dipelajari. Sehingga terdapat 44% verba yang jarang atau tidak digunakan. Penelitian ini menemukan bahwa verba-verba tersebut sering dan nyaman digunakan, karena terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari mereka.
Referensi
Carroll T.(n.d) Japanese as a Foreign Language in The Early Twenty-First Century – Policy, Learners and Native Speakers [Internet]. [cited 2024 Apr 18]. Available from: Perspectivia.net
Galan C. (n.d) Japanese as Foreign Language in European Universities -New Students and/or New Teaching Paradigm? [Internet]. [cited 2024 Apr 18]. Available from: perspectivia.net
Quintos SB. (2021). Difficulties in Learning Japanese as a Foreign Language: The Case of Filipino Learners. BU R&D Journal [Internet]. 2021 Sep [cited 2024 Apr 18];24(2):31–8. Available from: https://www.journal.bicol-u.edu.ph/assets/journal_pdf/4%20Quintos_31-38.pdf
Sherly FL. (2023). Error analysis of Using Verbs Ruigigo “Belajar” by the Sixth Semester Students of Japanese Language Education FBS UNIMA. Chi’e: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang/Chi`e [Internet]. 2023 Mar 24 [cited 2024 Apr 18];11(1):78–80. Available from: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chie/article/view/66657
Novitasari R, Al E. (2021). Error Analysis of The Use Japanese Verb Meaningful “Wear” In Japanese Student of Japanese Language Department Widyatama University. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT) [Internet]. 2021 Apr 24 [cited 2024 Apr 18];12(8):719–25. Available from: turcomat.org
Hayashi M, Marks T. (n.d). On Perception of the Verb Give by Japanese Learners of English [Internet]. [cited 2024 Apr 18]. Available from: https://www.ritsumei.ac.jp/acd/re/k-rsc/lcs/kiyou/pdf_24-3/RitsIILCS_24.3pp.159-174HAYASHI_MARKS.pdf
Kamiya T. (2001). The Handbook of Japanese Verbs (Nihongo Doushi Handobukku). Tokyo: Kodansha
Muliadi M, Danasasmita W, Widianti S. (2022). Language Anxiety in Online Japanese Speaking Learning: Study on Beginner Level of Japanese Language Students. Journal of Japanese Language Education and Linguistics. 2022 Feb 19;6(1): PRESS.
Stéfan S, Geoffrey. (n.d). "Voyant Tools." Voyant Tools. 2024. Web. 13 Oct 2024. https://voyant-tools.org/?corpus=954b68610a7a690e1507f855f4fae190&panels=cirrus,reader,trends,summary,contexts
Tjandra SN. (2015). Morfologi Jepang. Jakarta: Bina Nusantara Publishing.
Meidariani NW. (2019). Makna Verba Bahasa Jepang. Ayumi [Internet]. 2019 Sep [cited 2024 Apr 18];6(2):97–113. Available from: ejournal.unitomo.ac.id
Irma W. (2018). Makna ~ Te Kuru pada Tuturan dalam Wawancara Interaktif. 2018 Jan 1; Seminar Nasional Struktural 2018
Diana K. (2018). Analisis Fukugodoushi ~Te iru (Kajian Sintaksis). Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya 16. Unika Atma Jaya, 10−12 April 2018 [cited 2024 Apr 18]. Available from: kolita.atmajaya.ac.id
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.