Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Buku Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kolaborasi Kolaborasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika

Penulis

  • Putu Yasa undiksha
  • Ida Bagus Putu Mardana Undiksha

Abstrak

Perkembangan IPTEKS abad ke 21 dewasa ini, telah membawa dampak perubahan pada aspek pendidikan. Pada era ini dibutuhkan sumberdaya manusia dengan kemampuan pemecahan masalah yang memerlukan ketrampilan berpikir tingkat Tinggi dan ketrampilan berkolaborasi sebagai indikator kemampuan bekerja dan memanage team work sebagai kompetensi utama. Mata kuliah Gelombang dan Optik adalah salah satu mata kuliah lanjut yang mengkaji fenomena gelombang dan optik dalam pengkajiannya memerlukan kesiapan mahasiswa dalam berpikir tingkat tinggi dan bernalar dalam menjelaskan fenomena dengan bantuan penguasaan fisika matematika tingkat lanjut. Hasil studi awal terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan berkolaborasi dalam team work mahasiswa masih tergolong rendah 72% dari mahasiswa belum mampu secara optimal berpikir tingkat tinggi dalam mengkaji fenomena gelombang-optik, dalam diskusi dan berkolaborasi mahasiswa belum mampu berkolaborasi secara optimal untuk memecahkan masalah. Terdapat kesulitan dari mahasiswa dalam mencari buku-buku literatur yang dapat membantu mengkaji dan menyelesaikan masalah khususnya literatur yang mudah dipahami. Melalui penelitan tindakan kelas berupa penerapan model PBL dalam pembelajaran mata kuliah Gelombang dan Optik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan kolaborasi mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa peserta kuliah Gelombang dan Optik semester ganjil tahun akademik 2024/2025 yang berjumlah 16 orang, sedangkan objek penelitian adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berkolaborasi dalam team work. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; skor rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada masing-masing siklus (70,32; 74,60 dan 77,28 semuanya berada pada kategori tinggi). Untuk keterampilan kolaborasi pada masing-masing siklus (72,33; 75,40 dan 80,40 semuanya berada pada kategori tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL berbantuan buku ajar dalam pembelajaran Gelombang dan Optik dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berkolaborasi dalam team work.

Unduhan

Diterbitkan

03-12-2024

Terbitan

Bagian

Articles