Peningkatan Kompetensi Evaluasi Autentik dalam Penerapan Kurikulum MBKM di SMK Negeri 1 Sukasada
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengakaji peningkatan kompetensi evaluasi autentik dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) jenjang Pendidikan SMK Negeri 1 Sukasada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomologis. Sumber data diperoleh dari data sekunder yaitu hasil observasi peneliti di lapangan dan data primer dari wawancara dengan subjek terkait. Teknik wawancara dilakukan secara tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Analisis data penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Negeri 1 Sukasada telah mengimplementasikan pembelajaran sesuai kurikulum MBKM yang diawali dengan pelaksanaan asesmen diagnostik, melaksanakan pembelajaran sesuai modul ajar yang berbasis projek baik projek jangka pendek maupun projek jangka panjang, pembelajaran di kelas sesuai karakteristik peserta didik, serta pelaksanaan asesmen formatif dan sumatif. Disarankan kepada pihak sekolah, agar SMK Negeri 1 Sukasada tetap berinovasi dan mengembangkan diri dengan terus meningkatkan mutu sekolah lebih baik. Di samping itu, ada saran lain yaitu agar keberhasilan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran disebarluaskan ke sekolah-sekolah yang belum menerapkan kurikulum merdeka.
Kata Kunci: Autentik, evaluasi, kurikulum, SMK.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.