Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas XII Edisi Revisi dengan Silabus Kurikulum 2013 di SMAN 1 Singaraja
Kata Kunci:
buku teks, kesesuaian, kurikulum 2013Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis tataan materi pelajaran dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas XII penunjang Kurikulum 2013 dan mengevaluasi kesesuaian materi dalam buku teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas XII dengan silabus Kurikulum 2013 SMA N 1 Singaraja. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian berupa buku teks bahasa Indonesia SMA/SMK kelas XII Edisi Revisi. Data dianalisis dengan menggunakan prosedur reduksi data, triangulasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasilnya adalah buku teks Bahasa Indonesia sudah memuat rincian materi yang sesuai dengan silabus Kurikulum 13, namun ada beberapa yang secara teknis tidak sesuai, yakni Bab 1 hanya perbedaan narasi dan posisi. Narasi kata kerja operasional “mengidentifikasi” diubah menjadi “memformulasikan”. Perbedaan posisi yakni penukaran tempat untuk kelogisan/kesistematisan. Demikian juga terdapat KD lebih, yakni “Melaporkan kegiatan membaca buku”, yang tidak ada kaitannya dengan tema “Surat lamaran pekerjaan”. Pada bab 2, hanya di peta konsep yang tidak sinkron tetapi dalam rincian materi sangat detail dan sudah sangat sesuai dengan silabus. Pada bab 4, ada KD yang tidak sejalan, dalam silabus KD berbunyi “ menyusun...” tetapi dalam buku teks berbunyi “menganalisis...” ini jelas kegiatan berbeda/berbanding terbalik. Temuan lain, secara teknis kebahasaan, penyajian materi dalam buku teks sudah sangat bagus, namun dalam instruksi/tugas-tugas terdapat kesalahan kecil dalam penggunaan partikel -lah dan tanda seru.
Referensi
Aini, R., & Huda, M. N. (2020). Analisis Kualitas Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal As-Salam, 4(2), 345–363.
Basuki, W. N. (2015). Analisis Isi Buku Ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 3(2), 125–130. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/ index.php/bhs_indonesia/article/view/7803.
Djamaluddin, Ahdar dan Wardana. (2019). Belajar Pembelajaran. Sulawesi Selatan: Cv. Kaaffah Learning Center.
Deepublish. (2020). Pengertian Buku Teks : Unsur, Fungsi, Manfaat dan Jenisnya. https://penerbitdeepublish.com/buku-teks/
Hakim, Wildan Luthfi, (2021). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1).
Hasan, Alwi. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Kemendikbud. 2018. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK/ Kelas XII. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniawan, K. (2016). Kajian Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kecakapan Hidup. Lingua, 12(2), 124132. https://journal.unnes.ac.id/nju/index. php/lingua/ article/view/9082.
Mudlofir, A. (2011). Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. H.E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setyosari, Punaji. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1)
Sriasih, Sang Ayu Putu. (2014). Telaah Buku Teks. Modul (tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.
Sriasih, Sang Ayu Putu, dkk. (2018). Sinkronisasi Silabus Kurikulum 2013 dengan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi (2017). Laporan Penelitian (tidak dipublikasikan): Universitas Pendidikan Ganesha.
Sriasih, Sang Ayu Putu, dkk. (2018). Artikel: Sinkronisasi Silabus Kurikulum 2013 dengan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017. Proceding Semnas V Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 20 September 2018.
Sriasih, Sang Ayu Putu, dkk. (2021). Kesesuaian Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Edisi Revisi dengan Kurikulum 2013. Laporan Penelitian (tidak dipublikasikan): Universitas Pendidikan Ganesha.
Sriasih, Sang Ayu Putu, dkk. (2021). Artikel:Kesesuaian Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII Edisi Revisi dengan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Mahasaraswati Denpasar #1 ISBN. 978-623-5839-05-9.
Sriasih, Sang Ayu Putu, dkk. (2022). Sinkronisasi Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X Edisi Revisi dgn Silabus K.2013 di SMA N1 Singaraja. Laporan Penelitian (tidak dipublikasikan): Undiksha.
Sriasih, Sang Ayu Putu, dkk. (2022). Sinkronisasi Buku Teks Bahasa Indonesia SMA/SMK Kelas X Edisi Revisi dengan Silabus K.2013 di SMA N 1 Singaraja. Jurnal: Mimbar Ilmu 27(3), 377-382.
Suttrisno, S., & Puspitasari, H. (2021). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal. In Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 83–91. https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303.
Tohir, Muhamad. (2020). Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Kemendikbud.
Ulfa, Triana. (2021). Tinjauan Terhadap Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar di Kabupaten Lampung Selatan. Masters Thesis,UIN Raden Intan Lampung.
Wendi Rais. (2020). Perubahan Kurikulum dan Perubahan Perilaku Mengajar Guru. JEM: Jurnal Ekonomi dan Manajemen.
Wisudariani Ni Made Rai dkk. (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pragmatik Berorientasi Strategi Blended Learning pada Mahasiswa Program Studi PBSI. Laporan Penelitian (tidak dipublikasikan): Universitas Pendidikan Ganesha.
Zubaidah, Siti. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 1-24. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125 (diakses 26 Oktober 2023). Yunus, Hamzah dan Heldy,Vanni Alam. 2015. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Yusuf, Ibrahim. (2009). Analisis Struktur Materi pada Proses Pembelajaran Sains di Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.