Problem-based Flipped Learning dan Keterlibatan Kognitif Siswa Dalam Pencapaian Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika
Kata Kunci:
problem-based flipped learning, direct flipped instruction, student engagement, critical thinkingAbstrak
Rendahnya berpikir kritis (critical thinking/CT) siswa dalam pembelajaran fisika SMA adalah masalahesensial. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu melakukanperubahan pembelajaran dari direct instruction (DI) menujuproblem-based learning (PBL). Upaya mengakomodasibelajar di mana dan kapan saja sebelum tatap muka di sekolah, PBL dikirim melalui teknologi flipped learning (FL). Secara konseptual, integrasi PBL atau DI dengan FL melahirkan problem-based flipped learning (PBFL) dan direct flipped instruction (DFI). Pembelajaran fisika membutuhkanketerlibatan kognitif (cognitive engagement/CE) siswa secaraintensif. Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi PBFL dibandingkan dengan DFI dalam pencapaian CT ditinjau dariCE siswa. Penelitian dilakukan dengan post test only control group design di SMA Negeri 2 Singaraja. Populasinya 7 kelas, sampelnya 4 kelas, 2 kelas PBFL, dan 2 kelas DFI. InstrumenCE memiliki konsistensi internal butir bergerak dari r = 0,27 s.d r = 0,72; dan koefesien Alfa Cronbach = 0,897. InstrumenCT memiliki konsistensi internal butir bergerak dari r = 0,298 s.d r = 0,592; dan koefesien Alfa Cronbach = 0,585. Analisisdata menggunakan anova dua jalan dan uji statistikmenggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa dalam pencapaian CT, potensi PBFL lebih tinggi dibandingkan dengan DFL, potensi high CE (HCE) lebih tinggi dibandingkan low CE (LCE). InteraksiPBFL dengan CE lebih kuat dibandingkan dengan interaksiDFI dengan CE. Implikasinya, bahwa PBFL sangat potensialdiimplementasikan dalam pembelajaran fisika di SMA. Siswayang memiliki LCE perlu dibimbing secara berkelanjutan agar bisa mencapai HCE untuk mendukung perkembangan CT yang lebih optimal.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.