Rancangan Strategi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Online Shop sebagai Sumber Belajar
Kata Kunci:
strategi, pembelajaran, matematika, online shopAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pembelajaran matematika yang memanfaatkan online shop sebagai sumber belajar yang menarik dan relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui observasi aktivitas jual beli di online shop dan analisis studi literatur terkait pembelajaran matematika dan online shop. Strategi pembelajaran yang dirancang terdiri dari tiga fase: Pengenalan, Pembelajaran, dan Penerapan. Fase Pengenalan memperkenalkan siswa pada dunia online shop dan beragam produk yang dijual, sementara Fase Pembelajaran melibatkan siswa dalam menganalisis harga produk, menghitung diskon, dan biaya pengiriman. Pada Fase Penerapan, siswa diminta untuk membuat simulasi pembelian produk di online shop dan menghitung total biaya yang harus dibayarkan. Hasil penelitian diperoleh strategi pembelajaran yang dirancang untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu mereka memahami konsep matematika dalam konteks nyata. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperluas strategi pembelajaran matematika yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.
Referensi
Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran Dalam Penerapan Keterampilan Abad 21 Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 621.
Ata-Baah, D. (2020). What is the Impact of ICT on Mathematics Education? 184. https://www.uniselinus.education/sites/default/files/2021-06/Tesi Ata Baah.pdf
Azkiya, H., & Syarif, H. (2021). Technology-Based Learning Innovation In the Pandemic Covid-19. Proceeding of International Conference on Language Pedagogy (ICOLP), 1(1), 74–82. https://doi.org/10.24036/icolp.v1i1.23
Indra, M. H., Sutarto, S., Kharizmi, M., Nurmiati, A. S., & Susanto, A. (2023). Optimizing the Potential of Technology-Based Learning Increases Student Engagement. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 233. https://doi.org/10.31958/jaf.v11i2.10554
Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287
Istrate, O. (2024). Guidelines for online and blended learning : Design , delivery , assessment , evaluation of study programmes . Premises of academic curriculum digitalisation. September, 1–113.
Jayanthi. (2019). Mathematics in society development - A Study. Iconic Research and Engineering Journals, 3(3), 59–64.
Jose DELA TORRE Bearneza, F., & Jose Bearneza, F. D. (2023). Students’ Learning Styles and Performance in Mathematics: Basis for the Development of Teaching Materials. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 11(3), 987–998. www.ijisrt.com
Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontribusi Model Simulasi Tik Untuk Menumbuhkan Berpikir Logis Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd/Mi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 88. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.26121
Lazarova, L. K., Miteva, M., & Zenku, T. (2020). Teaching and Learning Mathematics during COVID period. American Psychologist Association. http://www.tfzr.rs/itro/FILES/44.PDF
Machisi, E. (2020). Van Hiele theory-based instruction, geometric proof competence and grade 11 students’ reflections. Unpublished Doctoral Dissertation]. University of South …, August. https://uir.unisa.ac.za/bitstream/handle/10500/27371/thesis_machisi_e.pdf?sequence=1
Malik, S. (2021). Relevance of Constructivism in Today’s Learning Environment. International Journal Peer Reviewed Journal Refereed Journal Indexed Journal Impact Factor SJIF, 7(5), 14–19. www.wwjmrd.com
Njai, Samuel, & Nyabuto, E. (2021). Technology Enhanced Learning Environments: Reflecting on the 21st Century Learning. East African Scholars Journal of Education, Humanities and Literature, 4(4), 202–208. https://doi.org/10.36349/easjehl.2021.v04i04.009
Pandey, D. S. (2020). Implementing Gagne’s Events of Instruction in MBA Classroom: Reflections and Reporting. International Journal of Management Research and Social Science, 7(3), 56–61. https://doi.org/10.30726/ijmrss/v7.i3.2020.73011
Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952
Rakic, D., Lazic, B., & Maric, M. (2021). the Influence of Differentiated Mathematical Tasks on Students’ Logical-Combinatorial Thinking in Elementary Mathematics Teaching. Slavonic Pedagogical Studies Journal, 10(1), 78–92. https://doi.org/10.18355/pg.2021.10.1.7
Samuel, C. (2021). Menaces and Panaceas of Technology Based Learning in the Delivery of Instruction in Classroom. Internationalpolicybrief.Org, 14–25. https://doi.org/10.48028/iiprds/ijsreth.v9.i1.02
Solomon, N., English, A., & Vaishnav, S. (2024). Importance of Cognitive Development Theories and Motivation in Enhancing Pedagogical Perspective. II(June), 89–103.
Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031
Zafar, S. M. T. (2019). Role of Information Communication Technology (ICT) in Education and its Relative Impact. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 7(4), 1–10. www.ijert.org
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.