Pengembangan Branding Digital sebagai Upaya Peningkatan Visibilitas dan Saluran Pemasaran Digital UMKM

Penulis

  • Ketut Agus Seputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Marti
  • Ketut Udy Ariawan
  • I Nyoman Saputra Wahyu Wijaya
  • I Kadek Ardiana

Kata Kunci:

Digital Branding, UMKM, Point of Sales

Abstrak

Program pengembangan Web Apps Point of Sale (POS) untuk mendukung kegiatan pemasaran dan branding produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) KWT Kuncup Mekar di Buleleng dirancang untuk meningkatkan visibilitas produk dan efisiensi transaksi. Program ini melibatkan serangkaian kegiatan yang mencakup desain ulang logo, pengemasan produk yang profesional, serta pembuatan platform digital berbasis website dengan framework Laravel. Website ini tidak hanya berfungsi sebagai etalase produk yang menarik, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dengan mudah. Pengujian dilakukan melalui black box testing dan uji usability menggunakan System Usability Scale (SUS), dengan hasil menunjukkan nilai kelayakan baik sebesar 75 dari 20 responden. Evaluasi program mencatat adanya peningkatan permintaan produk hingga 50% melalui pesan langsung sejak implementasi dimulai, serta pengelolaan transaksi yang lebih akuntabel dengan POS. Hasil ini menunjukkan bahwa platform digital yang dikembangkan mampu memberikan kontribusi signifikan pada branding, efisiensi layanan, serta peningkatan saluran distribusi dan kepercayaan konsumen terhadap produk KWT Kuncup Mekar.

Referensi

Darwanto, D. (2013). Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right terhadap Inovasi dan Kreativitas). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 20(2).

Elkhattat, D., and Medhat, M. (2022). Creativity in packaging design as a competitive promotional tool. Information Sciences Letters, 11(1), 135–148. https://doi.org/10.18576/isl/110115

Heryanto, H. (2023). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Masa Pendemik di Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4537–4545. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2452

Jara, L. F., and Putra, M. R. (2021). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MENGGUNAKAN METODE OBJECT ORIENTED ANALYSIS AND DESIGN PADA UMKM TEKSTIL KOTA PADANG. Jurnal KomtekInfo, 8(2). https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v7i4

Liang, L., Zainal Abidin, S. B., Shaari, N. B., Yahaya, M. F. Bin, and Jing, L. (2024). Logo Impact on Consumer’s Perception, Attitude, Brand Image and Purchase Intention: A 5 Years Systematic Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 14(3). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v14-i3/20084

Melović, B., Jocović, M., Dabić, M., Vulić, T. B., and Dudic, B. (2020). The impact of digital transformation and digital marketing on the brand promotion, positioning and electronic business in Montenegro. Technology in Society, 63, 101425. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101425

Muhammad Farras Nasrida, Ausi Pandahang, and Dicky Febrian. (2023). Perkembangan UMKM Di Indonesia Dan Potensi Di Kota Palangka Raya. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 2(1), 45–49. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v2i1.548

Schifferstein, H. N. J., Lemke, M., and de Boer, A. (2022). An exploratory study using graphic design to communicate consumer benefits on food packaging. Food Quality and Preference, 97, 104458. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.foodqual.2021.104458

Seputra, K. A., and Dewi, L. J. E. (2022, March 30). A Design of Patient Registration Apps using Flutter, Laravel and, Vue JS. European Alliance for Innovation n.o. https://doi.org/10.4108/eai.27-11-2021.2315532

Shukla, M., Misra, R., and Singh, D. (2023). Exploring relationship among semiotic product packaging, brand experience dimensions, brand trust and purchase intentions in an Asian emerging market. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 35(2), 249–265. https://doi.org/10.1108/APJML-10-2021-0718

Unduhan

Diterbitkan

03-12-2024

Terbitan

Bagian

Articles