Pengembangan Media Digital Berbasis Canva pada Pendalaman Materi IPS SMP di Kota Singaraja
Kata Kunci:
Canva, kota Singaraja, media digital, SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengakaji pengembangan media digital berbasis Canva sebagai media digital pada Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama di Kota Singaraja. Terkait kebutuhan media digital bahwa siswa memerlukan berbagai jenis media digital Canva dalam pendalaman materi pembelajaran IPS. Dengan menggunakan desain berbasis penelitian atau Design Based Research(DBR) dirancanglah sebuah media digital yaitu media pembelajaran berbasis Canva berdasarkan analisis kebutuhan berbagai media digital yang diperlukan untuk Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama, desain pengembangan media digital baik tahap pra produksi dan pasca produksi, ujicoba ahli media dan materi hingga evaluasi secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa media digital dari hasil pengembangan dalam penelitian ini layak dan efektif digunakan sebagai salah satu alternatif media digital yang dapat digunakan dalam Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama di Kota Singaraja. Disarankan kepada pihak sekolah, agar SMP di Kota Singaraja tetap berinovasi dan mengembangkan diri dengan terus meningkatkan mutu media pembelajaran lebih baik. Di samping itu, ada saran lain yaitu agar keberhasilan sekolah dalam mengimplementasikan media digital khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran IPS disebarluaskan ke sekolah-sekolah SMP lainnya
Referensi
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan
Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/
Basicedu.V5I6.1717
Rosalina, A., Azro, I., & Tompunu, A. N. (2021). Pembuatan Animasi Motion Graphic dalam Pembelajaran
Akuntansi Bagan Akun Standar untuk Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya. JUPITER (Jurnal
Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), 13(2), 22–32.
https://doi.org/10.5281/3540.JUPITER.2021.10
Sa’adah; et al. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem
Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/
sju/index.php/ijhe/article/view/19904
Sandhaus, L. (2006). Los Angeles In Motion : A Beginner. Retrieved March 23, 2022, from
https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Sandhaus%2C+L.+%282006%29.+Los+
Angeles+In+Motion+%3A+A+Beginner’s+Guide+From+Yesterday+to+Tomorrow+%28Online%29.+
Tersedia+%3A+http%3A%2F%2Fwww.lsdstudio.
net%2Fwriting%2Flainmotion%2Fpdfs%2FLA_in_Mot
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan
Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/
31004/Basicedu.V5I4.1138
Solihatini, I. T., Abidin, Y., Nailul, S., & Aljamaliah, M. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic
dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan
Sastra Indonesia, 7(2), 59–68. https://doi.org/10.33369/DIKSA.V7I2.20986
Tartila, A. H. M. (n.d.). View of Penggunaan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Teks
Persuasi Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Bekasi Tahun Pelajaran 2020/2021. Retrieved March 24,
, from https://aksiologi.org/index.php/tanda/article/view/188/111
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Riset Inovatif
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.