Pengembangan Media Digital Berbasis Canva pada Pendalaman Materi IPS SMP di Kota Singaraja

Penulis

  • Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Asri Sidaryanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Budiarta Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Canva, kota Singaraja, media digital, SMP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengakaji pengembangan media digital berbasis Canva sebagai media digital pada Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama di Kota Singaraja. Terkait kebutuhan media digital bahwa siswa memerlukan berbagai jenis media digital Canva dalam pendalaman materi pembelajaran IPS. Dengan menggunakan desain berbasis penelitian atau Design Based Research(DBR) dirancanglah sebuah media digital yaitu media pembelajaran berbasis Canva berdasarkan analisis kebutuhan berbagai media digital yang diperlukan untuk Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama, desain pengembangan media digital baik tahap pra produksi dan pasca produksi, ujicoba ahli media dan materi hingga evaluasi secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa media digital dari hasil pengembangan dalam penelitian ini layak dan efektif digunakan sebagai salah satu alternatif media digital yang dapat digunakan dalam Pendalaman Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama di Kota Singaraja. Disarankan kepada pihak sekolah, agar SMP di Kota Singaraja tetap berinovasi dan mengembangkan diri dengan terus meningkatkan mutu media pembelajaran lebih baik. Di samping itu, ada saran lain yaitu agar keberhasilan sekolah dalam mengimplementasikan media digital khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran IPS disebarluaskan ke sekolah-sekolah SMP lainnya

Referensi

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan

Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/

Basicedu.V5I6.1717

Rosalina, A., Azro, I., & Tompunu, A. N. (2021). Pembuatan Animasi Motion Graphic dalam Pembelajaran

Akuntansi Bagan Akun Standar untuk Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Sriwijaya. JUPITER (Jurnal

Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), 13(2), 22–32.

https://doi.org/10.5281/3540.JUPITER.2021.10

Sa’adah; et al. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem

Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Untuk SMA. Indonesian Journal of History Education. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/

sju/index.php/ijhe/article/view/19904

Sandhaus, L. (2006). Los Angeles In Motion : A Beginner. Retrieved March 23, 2022, from

https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Sandhaus%2C+L.+%282006%29.+Los+

Angeles+In+Motion+%3A+A+Beginner’s+Guide+From+Yesterday+to+Tomorrow+%28Online%29.+

Tersedia+%3A+http%3A%2F%2Fwww.lsdstudio.

net%2Fwriting%2Flainmotion%2Fpdfs%2FLA_in_Mot

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan

Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/

31004/Basicedu.V5I4.1138

Solihatini, I. T., Abidin, Y., Nailul, S., & Aljamaliah, M. (2021). Pengembangan Media Video Motion Graphic

dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan

Sastra Indonesia, 7(2), 59–68. https://doi.org/10.33369/DIKSA.V7I2.20986

Tartila, A. H. M. (n.d.). View of Penggunaan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Teks

Persuasi Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Bekasi Tahun Pelajaran 2020/2021. Retrieved March 24,

, from https://aksiologi.org/index.php/tanda/article/view/188/111

Unduhan

Diterbitkan

03-12-2024

Terbitan

Bagian

Articles