TRANSFORMASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • I Komang Astra Negara SMA Negeri 1 Sidemen
  • Kadek Wirahyuni Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

transformasi, media pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk transformasi pemanfaatan media pembelajaran dan dasar pemikiran yang digunakan dalam pemanfaatan media pembelajaran Bahasa Indonesia.      Model yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui kuesioner, wawancara, dan observasi lapangan. Subjek dari penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan objek adalah media pembelajaran yang digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk transformasi media pembelajaran yang digunakan adalah melibatkan video, teks, dan dukungan rekaman suara yang terangkum dalam kegiatan inti pembelajaran. Adapun dasar pemikiran yang digunakan dalam pemanfaatan media pembelajaran adalah pemenuhan gaya belajar murid yang terdiri atas visual, auditori, dan kinestetik. Dengan adanya transformasi pemanfaatan media pembelajaran, partisipasi siswa diharapkan lebih meningkat. Guru harus mempertimbangkan pemenuhan rasa aman dan nyaman bagi murid saat belajar dengan memaksimalkan pemanfaatan media belajar yang beragam.

Downloads

Published

2024-07-29

Issue

Section

Articles