MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Authors

  • I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati SD Negeri 1 Astina

Keywords:

menulis karangan deskripsi, media gambar

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah best practice, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VI SD Negeri 1 Astina melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mengingat pentingnya keterampilan menulis dikalangan para siswa. Pengamatan awal peneliti di SD Negeri 1 Astina, menemukan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh guru di antaranya adalah kemampuan siswa yang rendah terhadap menulis karangan deskripsi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 1 Astina, yang berjumlah 28 orang, terdiri dari  siswa perempuan 13 orang dan laki-laki 15 orang. Sedangkan objek penelitiannya adalah kemampuan menulis karangan deskripsi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi kemampuan menulis karangan deskripsi. Data itu kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis persentase rata-rata yang diperoleh selanjutnya dikonversikan ke dalam Penilaian Acuan Patokan (PAP) skala lima untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi siswa. Berdasarkan hasil analisis data terlihat adanya peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Astina, yaitu nilai rata-rata pada pretest sebesar  57,79  setelah postest meningkat menjadi 67,50 (>nilai KKM 65). Berdasarkan hasil observasi tampak hasil tingkat antusiasme siswa bertambah dan siswa mampu lebih fokus dalam pembelajaran karena adanya tahapan menulis karangan yang tepat untuk mereka.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles