PEMANFAATAN POHON “DALANG SAMPIK” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 5 PANJI

Authors

  • Ni Luh Aryani SD Negeri 5 Panji

Keywords:

literasi, pohon dalang sampik

Abstract

Tujuan best practice ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Panji melalui pemanfaatan  pohon ilmu “Dalang Sampik”. Tujuan ini dilatarbelakangi karena di SD  Negeri 5 Panji khususnya siswa kelas V, memiliki minat baca masih kurang sehingga kemampuan membaca pemahaman merekapun kurang. Salah satu media yang digunakan adalah pohon ilmu yang disebut dengan “Dalang Sampik” singkatan dari Daur Ulang Sampah Plastik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Panji tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 10 orang. Objek dalan kegiatan ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, dengan bentuk  jawaban singkat. Kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis selanjutnya dikonversikan ke dalam Penilaian Acuan Patokan (PAP) skala lima untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis dapat disimpulkan pemanfaatan pohon ilmu “Dalang Sampik” dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 5 Panji. Pada awal kegiatan kemampuan membaca pemahaman siswa sebesar 62,00% dan setelah dilaksanakan selama 2 bulan kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 80,00%. Implikasi dari kegiatan ini kemampuan siswa dalam memahami buku cerita dan buku teks pelajaran lebih meningkat sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.  

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles