Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Kotak Pelangi Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Sosial Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • I Komang Adhi Suardita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

hasil belajar PKn, media kotak pelangi, sikap sosial, snowball throwing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh implementasi model pembelajaran snowball throwing berbantuan kotak pelangi terhadap hasil belajar Pkn ditinjau dari sikap sosial siswa kelas VI gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain faktorial 2 x 2. populasi adalah siswa kelas VI Gugus Ki Hajar Dewantara yang berjumlah 340 siswa. 151 siswa sebagai sampel dengan teknik group random sampling.. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava dua jalan berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat perbedaan signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik beroriantasi model pembelajaran snowball throwing berbantuan media kotak pelangi dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran saintifik. Kedua, terdapat interaksi signifikan model pembelajaran dengan sikap sosial. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik beroriantasi model snowball throwing berbantuan media kotak pelangi dengan pembelajaran saintifik, pada siswa sikap sosial tinggi. Kempat, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik beroriantasi model snowball throwing berbantuan media kotak pelangi dengan model pembelajaran saintifik, pada siswa sikap sosial rendah.

References

Agus S. 2013. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, R, I. 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset.

Farhan. (2011). Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing.

Gregory, R.J. 2000. Psicologycal Testing History, Principles and Applications, Third Edition . London: Allyn and Bacon.

Hamid, Moh. 2011. Metode Edu Tainment. Jogjakarta: Diva Press

Indriana, L F. 2015. Eksperimentasi model pembelajaran snowball throwing dan make a match ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi fungsi kelas VIII SMP/MT-S se-Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis. Tidak dipublikasikan.

Kirom, Bahrul. 2009. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Konsumen,Service Performance and Customer Satisfaction Measurement. Bandung: Pustaka Reka CiptaLestari, N D. 2015. Identifikasi Sikap Sosial Siswa Kelas V SD. Universitas Negeri Yogyakarta.

Koyan, I W. 2012. Buku Ajar : Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Laela F. I. 2015. Eksperimentasi model pembelajaran snowball throwing dan make a match ditinjau dari gaya belajar siswa pada materi fungsi kelas VIII SMP/MT-S se-Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015

Lestari, S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN Polagan Kabupaten Trenggalek. e Journal Pendidikan.

Proceedings of the 1st National Conference on Teachers’ Professional Development September 30, 2017, Banda Aceh, Indonesia, yang berjudul “The Effectiveness Of Snowball Throwing Technique In Teaching Reading Comprehension”.

Sri Lestari. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN Polagan Kabupaten Trenggalek .

Suharsini A, (2010), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian pendidikan. Alvabeta: Bandung.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, strategi, dan Impelemtasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published

26-12-2024