Implementasi Asesmen Diagnostik Pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri 4 Bebetin

Authors

  • I Komang Muliantara SD Negeri 4 Bebetin, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Implementasi, Asesmen Diagnostik, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan implementasi asesmen diagnostik di SD Negeri 4 Bebetin sebagai pelaksana kurikulum merdeka. Rendahnya kemampuan guru mendesain asesmen diagnostik untuk memetakan kebutuhan belajar murid. Guru perlu contoh untuk menyusun instrument dan implementasinya di kelas.  Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru kelas yang ada di SD Negeri 4 Bebetin Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrument penelitian berupa kuisioner pada media google form. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah semua guru kelas yang sudah mengimplementasikan asesmen diagnostik sesuai dengan Kepmendikbud Nomor 719/P/2020. Desain dari asesmen diagnostik yang dilakukan oleh guru tersebut berupa lembar tes dan wawancara kepada peserta didik. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan dan implementasi asesmen diagnostik bergantung pada pemahaman guru akan pentingnya asesmen ini dan membantu peserta didik untuk memahami materi serta terwujudnya profil pelajar pancasila. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi semua sekolah untuk memetakan kebutuhan belajar murid melalui asesmen yang sudah dilakukan oleh guru. Selain itu, dapat memberikan peningkatan kualitas sumber daya manusia yaitu guru. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan dalam mengelola satuan pendidikan sehingga memberikan pendidikan yang berdampak pada murid.

References

Badan penelitian dan pengembangan buku No 28 tahun 2021 tentang capaian pembelajaran PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB

Brummitt, 2020. (n.d.). Depression and Anxiety - 2021 - Murata - The psychiatric sequelae of the COVID‐19 pandemic in adolescents adults and.pdf.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp/Mts Wilayah Menganti, Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035–1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Hasan, S., & Muhammad, N. (2020). Sistem Informasi Pembayaran Biaya Studi Berbasis Web Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 5(1), 44–55. https://doi.org/10.36549/ijis.v5i1.66

Henricus Suparlan, Marce, T. D., Purbonuswanto, W., Sumarmo, U., Syaikhudin, A., Andiyanto, T., Imam Gunawan, Yusuf, A., Nik Din, N. M. M., Abd Wahid, N., Abd Rahman, N., Osman, K., Nik Din, N. M. M., Pendidikan, I., Koerniantono2, M. E. K., Jannah, F., Stmik, S., Tangerang, R., No, J. S., … Supendi, P. (2015). Imam Gunawan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 59–70. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/viewFile/1380/1342%0Ahttp://mpsi.umm.ac.id/files/file/55-58 Berliana Henu Cahyani.pdf

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Pai Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579

Juhana, B. (2018). Perencanaan Pendidikan Pada Madrasah Tsanawiyah Yamisa Soreang Bandung. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 31–48. http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/10

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Perbukuan dan Kurikulum. 2021. Naskah Akademik Sekolah Penggerak. Jakarta: Kemendikbud Puskurbuk

Kepmendikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang pedoman pelaksanaan kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. Jakarta: Kemendikbud.

Keputusan Kepala BSKAP (2020) Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sub elemen Profil Pelajar Pancasila.

Kusainun, N. (2020). Analisis Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 134–154.

Nuralita Fajri, D., Yuliati, N., & Putu Indah Budyawati, L. (2020). Analisis Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak. Jurnal Edukasi, 7(2), 17. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i2.22680.

Peraturan Pemerintah. (2022). Peraturan pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud (2016) Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendididkan.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala. 1–10. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/pengantar-buku-saku-asesmen-diagnosiskognitif-berkala-1947/

Suciati, R., & Amirullah, G. (2017). Literasi Asesmen Ipa. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 110–118. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.09

Surat Keputusan Direktur Jendral Pauddikdas dan Dikmen Nomor 6555/C/HK.00/2021 tentang Sekolah pelaksana Sekolah penggerak Angkatan 1

Wirasani. (2021). 31 Jurnal Inovasi | Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Merancang. 7(7), 31–37.

Yusuf.Muri. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Published

31-05-2024