Implementasi Pembelajaran Mendalam Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPAS dan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • I Gede Indra Supriadi SD Negeri 3 Banjar Jawa

Keywords:

pembelajaran mendalam, hasil belajar IPAS, literasi digital

Abstract

Hasil belajar siswa menunjukkan kemampuan berpikir yang rendah. Untuk meningkatkannya menjadi keterampilan berpikir tingkat tinggi, diterapkanlah pembelajaran mendalam. Implementasi pembelajaran mendalam bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dan literasi digital siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah dengan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV SD yang berjumlah 30 orang dengan 13 orang siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Praktik baik ini dilaksanakan pada semester II tahun Pelajaran 2024/2025 selama 2 bulan dengan menggunakan siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi serta direncanakan dilaksanakan dalam siklus dengan kriteria keberhasilan berupa adanya kemajuan hasil belajar IPAS dan literasi digital lebih dari 80% siswa yang mencapai kriteria ketercapaian dengan rentang skor 70 sampai 100 pada setiap variabel. Hasil dari implementasi pembelajaran mendalam ini adalah 90% siswa telah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran pada hasil belajar IPAS serta 93% siswa telah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran pada literasi digital. Dengan demikian, pembelajaran mendalam dapat dipertimbangkan untuk dapat digunakan untuk peningkatan hasil belajar dan variabel lain yang relevan.

References

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Smp. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

BSKAP. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Kemdikbudristek.

Chowmas, D., Sonika, & Jelita, R. (2023). Pengaruh Berkesadaran Penuh (Mindfulness) terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2874-2880. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26202

Darmayanti, N., Manurung, K. S. B., Hasibuan, H., Puspita, S., Ginting, M. F. S., & Harahap, M. A. (2023). Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3388-3395.

Fitrianingtyas, A., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Jumiatmoko, J., Zuhro, N. S., Winarji, B., & Nurjanah, N. E. (2023). Mengembangkan Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5675-5686. 10.31004/obsesi.v7i5.4970

Iswantari, I. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(4), 490-496. https://doi.org/10.33394/jp.v8i4.4126

Kemendikdasmen. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu Untuk semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.

Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa: Alternatif Pembelajaran Di Kurikulum 2013. At-Ta’lim, 5(2), 93-106.

Mulyawati, Y., & Purnomo, H. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementa: Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin, 3(2), 25-32. 10.33654/pgsd

Najib, D. A., & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19-28.

OECD. (2019). OECD FUTURE OF EDUCATION AND SKILLS 2030 : OECD Learning Compass 2030.

Pratiwi, E. M., Gunawan, & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Putra, H. I., & Nasrullah, A. (2017). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan Ditinjau Dari Hasil Belajar. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 129-140.

Putra, I.B.P. A., Pujani, N.M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 1(2), 80-90.

Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(2), 415-429. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461

Ramadhan, E. H., & Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya (Protasis), 2(2), 43-54. DOI: https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60-71.

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Solving pada Topik Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1). http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i1.12554

Sayekti, I. C., & Kinasih, A. M. (2017). Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 97-105.

UNESCO. (2021). Reimagining A New Social Our Futures Contract For Together Education. UNESCO. https://doi.org/10.54675/ASRB4722

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal Pedagogia, 5(2), 247-254.

Published

02-11-2025