Analisis Awal Pengembangan Buku Ajar Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni Dalam Ekosistem

Authors

  • Apwa Nurafni Yani Universitas Nusaputra
  • Teofilus Ardian Hopeman Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pengembangan, Buku Ajar, IPAS, Keaktifan Siswa, Minat Belajar

Abstract

Setiap bahan ajar yang digunakan untuk mendukung dan membantu proses pembelajaran tentunya memiliki dampak yang sangat penting bagi peningkatan kemampuan setiap peserta didik, namun disamping itu sebagian besar guru masih mengandalkan buku teks konvensional yang menjadikan proses pembelajaran terkesan monoton dan kurang efektif dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik. Seperti dalam pembelajaran IPAS dimana kebanyakan materinya merupakan konsep yang abstrak dan sulit dipahami. Salah satu faktor utama dari permasalahan ini adalah keterbatasan buku ajar yang mampu membangkitkan ketertarikan serta keterlibatan aktif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat bahan ajar apa saja yang dapat dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian kajian literatur, menggunakan protokol PRISMA dalam pengumpulan data. Dalam menentukan kelayakan artikel yang dianalisis, penelitian ini menetapkan kriteria include dan exclude yang disusun berdasarkan: 1) relevan dengan pendidikan tingkat SD, 2) artikel telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, 3) diterbitkan dalam rentan waktu 5 tahun terakhir, 4) membahas bahan ajar IPAS. Sementara itu, artikel dikeluarkan dari proses analisis apabila: 1) tidak relevan dengan konteks pendidikan di tingkat SD, 2) bukan merupakan artikel ilmiah, 3) tidak membahas bahan ajar IPAS. Berdasarkan 30 artikel yang teridentifikasi dari hasil penelusuran awal, terdapat 6 artikel yang dapat dianalisis lebih mendalam. 4 artikel menunjukkan hasil bahwa tampilan yang menarik dalam bahan ajar mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran, 2 artikel lainnya menunjukan suasana belajar menjadi aktif karena menggunakan bahan ajar berbantukan teknologi. Maka, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang menarik dapat efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.

Published

02-11-2025