Scratch Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Coding Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • I Gede Indra Supriadi SD Negeri 3 Banjar Jawa, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Coding, Scratch, Diferensiasi, Ekstrakurikuler

Abstract

Para siswa menunjukkan minat yang sangat tinggi terhadap games. Untuk mengarahkan minat tersebut pada arah positif, dikembangkanlah ekstrakurikuler coding yang diantaranya dapat memfasilitasi siswa membuat games sederhana dengan scratch. Namun ternyata kemampuan dan kondisi awal siswa sangatlah beragam, dengan hanya 9 dari 32 orang saja yang memiliki kemampuan dasar. Oleh karena itu, dikembangkanlah pelaksanaan ekstrakurikuler coding dengan scratch yang dikemas dalam suatu pembelajaran berdiferensiasi. Scratch berdiferensiasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan coding (pemrograman) siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah dengan penelitian tindakan kelas pada siswa peserta ekstrakurikuler coding kelas III sampai VI SD yang berjumlah 32 orang dengan 24 orang siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Praktik baik ini dilaksanakan pada semester I tahun Pelajaran 2023/2024 selama 6 bulan dari bulan Juli 2023 hingga bulan Desember 2023 dengan menggunakan siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi serta direncanakan dilaksanakan dalam 1 siklus dengan kriteria keberhasilan berupa adanya kemajuan kemampuan coding pada lebih dari 80% siswa.. Hasil dari praktik baik ini adalah seluruh siswa telah mencapai kemajuan dalam kemampuan coding (100%), mulai dari penguasaan 1 kompetensi baru sampai dengan 10 kompetensi baru secara bervariasi. Kesimpulannya, scratch berdiferensiasi terbukti dapat meningkatkan kemampuan coding siswa SD. Selain kemampuan coding, dampak iringan seperti penguatan karakter juga merupakan variabel yang juga kuat dirasakan peningkatannya. Pada akhirnya, peningkatan kemampuan dasar coding diharapkan dapat memberikan bekal kemampuan untuk menghadapi tantangan kehidupan abad 21 bagi siswa.

References

Alp, G., & Bulunuz, N. (2023). Effect of Web-Based Collaborative Learning Method with Scratch on Critical Thinking Skills of 5th Grade Students. Participatory Educational Research, 10(2), 82–104. https://doi.org/10.17275/per.23.30.10.2
Anis, Y., Mukti, A. B., & Mulyani, S. (2023). Perancangan Game Sederhana Menggunakan Scratch Programming Sebagai Media Pembelajaran Visual Bagi Anak Usia Dini. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(2), 320–327. https://doi.org/10.47065/bit.v3i1
Arantes Do Amaral, J. A. (2023). Using Scratch to Teach Coding in Massive Online Open Courses: A Systemic Analysis. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 11(3), 130–144. https://doi.org/10.54337/ojs.jpblhe.v11i3.7390
Bagasputera, M. A., Sundari, F. S., Utami, D. S., Negeri, D., Gintung, L., & Bogor, K. (2023). Penerapan Media Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Sindoro Cendikia Pendidikan, 1(1), 50–63. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Belessova, D., Ibashova, A., Zhidebayeva, A., Shaimerdenova, G., & Nakhipova, V. (2024). The Impact of “scratch” on Student Engagement and Academic Performance in Primary Schools. Open Education Studies, 6(1). https://doi.org/10.1515/edu-2022-0228
Hehanussa, D. J. A., Mote, A. A. K., Tomatala, A. D. Y., Rahametwauw, A. B., Gea, B. H., Kakerissa, C. J., Ohoira, C. G., Soisa, C. F., Sahetapy, F. F., Solissa, F., Waruis, J., Radjawane, J. M., Lekahena, M. E., Tiwery, M., Goesniady, S., & Porumau, A. (2023). Pelatihan Coding Menggunakan Scratch Kepada Siswa-Siswi Sd Negeri 100 Maluku Tengah. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 38–43. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.38-43
Joseph, S., Thomas, M., Simonette, G., & Ramsook, L. (2013). The Impact of Differentiated Instruction in a Teacher Education Setting: Successes and Challenges. International Journal of Higher Education, 2(3). https://doi.org/10.5430/ijhe.v2n3p28
Kelly, W., McGrath, B., & Hubbard, D. (2023). Starting from ‘scratch’: Building young people’s digital skills through a coding club collaboration with rural public libraries. Journal of Librarianship and Information Science, 55(2), 487–499. https://doi.org/10.1177/09610006221090953
Koray, A., & Bilgin, E. (2023). The Effect of Block Coding (Scratch) Activities Integrated into the 5E Learning Model in Science Teaching on Students’ Computational Thinking Skills and Programming Self-Efficacy. Science Insights Education Frontiers, 18(1), 2825–2845. https://doi.org/10.15354/sief.23.or410
Liao, S. M. (2023). SCRATCH to R: Toward an Inclusive Pedagogy in Teaching Coding. Journal of Statistics and Data Science Education, 31(1), 45–56. https://doi.org/10.1080/26939169.2022.2090467
Lubis, S., Saragih, A., & Silvana Sinar, T. (2023). The Effectiveness of Scratch Coding Activities in English Language Learning. World Journal of English Language, 13(7), 508–514. https://doi.org/10.5430/wjel.v13n7p508
Supriadi, Deni. (2020). Coding Scratch Basic. Saung Coding.
Piedade, J., & Dorotea, N. (2023). Effects of Scratch-Based Activities on 4th-Grade Students’ Computational Thinking Skills. Informatics in Education, 22(3), 499–523. https://doi.org/10.15388/infedu.2023.19
Tomlinson, C. A. (1999). The differentiated classroom : responding to the needs of all learners. Association for Supervision and Curriculum Development.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). Association for Supervision and Curriculum Development.
Wen, F. H., Wu, T., & Hsu, W. C. (2023). Toward improving student motivation and performance in introductory programming learning by Scratch: The role of achievement emotions. Science Progress, 106(4). https://doi.org/10.1177/00368504231205985

Published

09-01-2025