Multimedia Pembelajaran “MT Matematika” untuk Pembelajaran Dasar Menghitung Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Authors

  • Anak Agung Adi Wiryya Putra Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Indonesia
  • Christina Ismaniati Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • C Asri Budiningsih Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

multimedia, pembelajaran, matematika, siswa sekolah dasar

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran pada mata pelajaran matematika, serta mengetahui hasil kelayakan dan kebermanfaatannya. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting yang wajib dikuasai siswa untuk jenjang dasar, namun hasil di lapangan menyatakan bahwa sebagian besar siswa justru memperoleh nilai di bawah KKM. Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah para siswa kelas 2 sekolah dasar masih banyak yang belum paham terkait perhitungan matematika dasar, serta belum tersedianya media pembelajaran untuk pelajaran matematika yang dapat membantu siswa memahami materi dengan baik. Sementara ini media yang digunakan dalam pembelajaran hanya sebatas buku materi saja. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri atas ahli materi, ahli media, dan siswa kelas 2 sekolah dasar. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, angket kelayakan media, angket kelayakan materi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji kelayakan materi memperoleh skor 4.80, uji kelayakan media memperoleh skor 4.78, sehingga multimedia ini memperoleh predikat sangat layak. Uji respon siswa memperoleh skor 4.74 yang menyatakan bahwa multimedia pembelajaran matematika ini memperoleh predikat sangat baik.

References

Almazyad, R., & Alqarawy, M. (2020). The Design of Dick and Carey Model. Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (pp. 544-547). Waynesville: Association for the Advancement of Computing in Education (AACE). Retrieved from https://www.learntechlib.org/primary/p/215793/

Alpian, Y., Anggraeni, S., Wiharti, U., & Soleha, N. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. doi:doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Ambarwati, M. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika SD. Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 7(No. 2), 65-71. doi:https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17472

Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), Vol. 1(No. 2), 74-85. doi:http://dx.doi.org/10.15408/ajme.v1i1

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. (2015). The Systematic Design of Instructional (8 ed.). South Florida: Pearson.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, S. (2020). The Effect of Permissive Parenting Style on The Constrainst of Personality Formation In Elementary School Student. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 33-40. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika

Harianja, M., & Sapri. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324-1330. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu

Hidayat, R., & Adillah. (2019). Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Penerbit LPPPI.

Jingga, C. (2019, April 3). Bagaimana seharusnya pengajaran di tingkat SD? Retrieved from Quora: https://id.quora.com/Bagaimana-seharusnya-pengajaran-di-tingkat-SD

Lestari, P., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Matematika Dalam Perkembangan Otak pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Daring. 1, pp. 1758-1763. Bojonegoro: Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi). Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SND/article/view/1904

Nurfadhillah, S., Wahidah, A., & Rahmah, G. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289-298. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Oktafianto, K., Kurniawati, E., Muzdalifah, L., & Arifin, A. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu. Jurnal Abdimas Universal, 1(2), 24–26. doi:doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v1i2.36

Parnabhhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), Vol. 1(No. 1), 11-14. doi:https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154

Putra, G., & Yuliati. (2021). Menilik diplomasi pendidikan agama Buddha oleh Kerajaan Sriwijaya dalam Prasasti Nalanda abad ke-9 M. Journal of Indonesian History and Education, Vol. 1(No. 3), 343-351. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um081v1i32021p343-351

Rachmawati, A., Baiduri, & Effendi, M. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol. 9(No. 3), 540-550. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3014

Sari, N., Saam, Z., & Donal. (2022). Terapi Permainan Tradisional (Kelom Batok, Cina Buta Gasing, dan Sonda) untuk Mengurangi Stres Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 125-133. Retrieved from http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tanjak/article/view/2381

Sari, Y. (2020). Peningkatan Kerjasama di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Vol. 1(No. 1), 307-461. doi:https://doi.org/10.24036/bmp.v1i1.2708

Siagian, M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. doi:http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/tanjak/article/view/2381

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, dan R&D (1 ed.). Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Triana, L., Atiqoh, A., & Walujo, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Materi Pembuatan Pola Berbasis CAD Pattern System 2 Dimensi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 388-397. doi:dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p388

Usman, P., Yahya, L., Bito, N., & Takaendengan, B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia pada Materi Kerucut. Jornal of Mathematics Education, 3(2), 100-106. doi:doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.10628

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1728/568

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Yahya, M. (2020). Ilmu Pendidikan. Jember: IAIN Jember Press

Published

17-02-2025