Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Game Edukasi Quizziz untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V
Keywords:
model kooperatif, game edukasi, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan media game edukasi quizziz. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berdasarkan permasalahan rendahnya hasil belajar IPAS dan dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas V SDN 3 Tigawasa tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 35 orang. Tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus I dibahas tentang masa penjajahan struktur lapisan bumi dan pada siklus II dibahas tentang siklus air dan perubahan permukaan bumi. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,50 dan pada siklus II adalah 72,92. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 62,50% dan pada siklus II adalah 83,33%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif berbantuan media game edukasi dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.
References
Amri Sofan, Ahmadi lif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Adianto, Samsul. 2020. Penerapan Scientific dan Cooperative Learning dengan Quis Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/13317 . (diakses tanggal 8 Oktober 2020)
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
BNSP. 2006. Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS . Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar (Kelas V SD). Jakarta: Depdikbud.
Nikmah, Sahibun. 2012. Penggunaan Metode Permainan Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 11 Sungai Melayu Rayak.
Sadia, I Wayan. 2009. “Penelitian Tindakan Kelas Konsep Dasar dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran”(Makalah). Disajikan dalam Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru – Guru SMA di Kabupaten Klungkung Tanggal 7 s.d 9 Desember 2009.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cetakan Kesebelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suhadinet.2009 .Langkah-Langkah PTK Menurut Kemmis dan McTaggart. https://suhadinet.wordpress.com/2009/06/08/langkah-langkah-ptk-menurut-kemmis-dan-mctaggart/ . (diakses tanggal 8 Oktober 2020)
Setiawan, Agung dkk.2018. Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Vriabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/viewFile/229/232 . (diakses tanggal 8 Oktober 2020)
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 I Kadek Agus Sudiandika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.