Penerapan Quizizz Mode Kertas untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Materi Jati Diri dan Lingkunganku pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
quizizz, ppkn, hasil belajarAbstract
Quizizz adalah sumber belajar mutakhir yang kini menyertakan fitur baru yang disebut "Mode Kertas" sebagai salah satu pengembangan yang memungkinkan siswa menyelesaikan ujian kertas secara manual. Permasalahan dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan minimnya penggunaan media pada mata pelajaran PPKn. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni meningkatkan hasil belajar PPKn materi Jati Diri dan Lingkunganku pada siswa kelas V sekolah dasar dengan menerapkan Quizizz mode kertas. Pada penelitian ini, design yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas . Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas V. Hasil belajar yang diukur oleh peneliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar dalam ranah kognitif. Jika pada akhir siklus 80% siswa mencapai nilai KKTP ≥ 70 maka tindakan penelitian ini dianggap berhasil. Penerapan Quizizz mode kertas dapat meningkatkan hasil belajar PPKn materi Jati Diri dan Lingkunganku pada siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang nilainya mencapai KKTP yakni 70 pada prasiklus (27,78%), siklus I (61,11%), dan siklus II (88,89%). Dengan adanya penerapan Quizizz mode kertas dapat membantu pemahaman siswa lebih dalam terhadap materi pelajaran dengan adanya musik dan waktu dalam aplikasi ini meyebabkan siswa semangat dan berkonsentrasi dalam menjawab soal. Implikasi penelitian terhadap perkembangan keilmuan yaitu untuk meningkatkan pemahaman tentang penerapan pembelajaran PPKn yang inovatif dan berkualitas dengan memanfaatkan gamifikasi melalui Quizizz mode kertas.
References
Adiyanti, C. A., Aini, I. N., & Pd, M. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika (Vol. 560).
Ardiansyah, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz Dalam Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Matematika. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3).
Haninda Cahya. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penerapan Nilai – Nilai Pancasila Kelas Ii Sd Negeri Podorejo 02. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Fkip Universitas Mandiri. Volume 09 Nomor 05.
Handayani, A. D., Hermansyah, H., & Susanti, D. (2022). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mathematic Education And Aplication Journal (Meta), 4(1), 1-7. Indah Wahyuni (2019)
Kasminah, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6), 1264-1272. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i 6.7886
Muhammad Djajadi. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran
Nurfaizah Ap, N. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 375-382.
Nurafifah, Wulan. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Vol. 1 No. 4.
Pramugita, (2023). Penggunaan Media Interaktif Youtube Dan Quizizz Paper Mode Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Lemahireng 05 Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Volume 1, Nomor 11.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028
Rini (2023). Pengaruh Media Quizizz Paper Mode terhadap hasil belajar materi penerapan sikap Pancasila Kelas IV UPT SD Negeri 220 Gresik. JPGSD. Volume 11 Nomor 1 Tahun 2023, 65-74
Utomo, H. (2020). Penerapan Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 Anak Agung Putu Agung Adhitya Satria Utama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.