Visible Thinking Routines: Strategi Efektif Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa di Kelas V SDN 5 Kampung Baru
Keywords:
berpikir, visible thinking strategies, partisipasi aktifAbstract
Rutinitas Berpikir Terlihat (RBT) atau The Visible Thinking Routines adalah rutinitas yang dipercaya mampu untuk menarik minat siswa untuk belajar sekaligus mempromosikan rutinitas berpikir. SDN 5 Kampung Baru telah menggunakan RBT di dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan jenis-jenis RBT serta pengaplikasiannya di dalam pembelajaran IPAS dan Bahasa Indonesia untuk siswa kelas V. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas V dan wali kelas V di sekolah tersebut. Setelah dua bulan melakukan observasi, ditemukan empat jenis RBT yang diaplikasikan di dalam kelas. Rutinitas yang dilakukan adalah Kapur Berbicara (Chalk Talk), Lihat-Berpikir-Bertanya (See-Think-Wonder), Apa yang membuatmu berpikir demikian? (What makes you say that?) Sebelumnya Saya Berpikir Bahwa … Sekarang Saya Berpikir Bahwa…” (I used to think___, now I think____). Rutinitas-rutinitas tersebut terdiri dari beberapa langkah sederhana yang efektif membuat para siswa sekolah dasar menjadi aktif belajar, menunjukan antusias, terlibat dalam pembelajaran, dan berkolaborasi dengan siswa lain saat belajar dalam kelompok.
Downloads
Published
Conference Proceedings Volume
Section
License
Copyright (c) 2024 Desak Nyoman Dyah Rupita Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.