Strategi Pembelajaran Berbasis Joyfull Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi "Bermusik Dan Bernyanyi" Mata Pelajaran SBDP Kelas 5 Di SDN 02 Cibatu

Authors

  • M Sulton Abdurrachim Universitas Nusa Putra
  • Teofilus Ardian Hopeman Universitas Negeri Manado

Keywords:

joyful learning, seni musik, hasil belajar

Abstract

Di era digital saat ini, minat peserta didik terhadap seni budaya mulai menurun. Dalam konteks seni musik, banyak peserta didik yang tidak lagi mengenal lagu-lagu daerah atau tradisional. Kondisi ini menjadi tantangan bagi guru untuk menghadirkan pembelajaran yang menarik agar siswa kembali tertarik pada budaya sendiri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan relevan dengan dunia siswa saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran berbasis joyful learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi "Bermusik dan Bernyanyi" dalam mata pelajaran SBDP di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran. Lokasi penelitian ini berada di SDN 02 Cibatu dengan sampel yang telibat sebanyak 12 orang siswa kelas V SD yang secara administratif berada di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Sukabumi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pre-test dan post-test. Penilitan ini menggunakan model PTK Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi joyful learning pada setiap siklusnya. Hal ini ditunjukkan melalui perbandingan skor pre-test dan post-test yang mengalami peningkatan secara signifikan dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus 3. Selain itu, partisipasi aktif dan antusiasme siswa juga terlihat meningkat selama proses pembelajaran berlangsung. Guru menerapkan metode permainan edukatif, kegiatan interaktif, serta memberikan motivasi dan umpan balik secara berkala untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam bermusik dan bernyanyi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi joyful learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik dari segi pemahaman konsep, keterampilan praktik, maupun minat belajar terhadap materi "Bermusik dan Bernyanyi".

References

Diana, M. W., & Nurhajati, D. (2022). Joyful Learning , Strategi Menyiapkan Guru Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak Di Universitas. Semdikjar 5, 550–558.

Diputera, A. M. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful , Mindful dan Joyful : Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. December. https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.67168

Ginting, A. L., Kusuma, J. P., Syarif, M., Niku, E., & Furqorina, R. (2021). Penulisan Karya Ilmiah & Ptk Bagi Guru Kb / Tk Untuk Peningkatan Kompetensi Guru. JURNAL SINERGI: Pengabdian UMMAT, 4(1), 11–16.

Hidayati, S. N., & Rodliyah, R. S. (2020). Eksplorasi Strategi Guru untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Aktifitas Membaca. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 121–

https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24563

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 74. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p74-79

Mahmudi, M. B., & Arief, A. (2025). Strategi Joyful Learning dalam Meningkatkan Motivasi

, Keterlibatan dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3, 96–103.

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24

Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2023). EDUCARE : Jurnal Pendidikan dan Kesehatan Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. Educare, 1(1), 30.

Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian problematika teacher centered learning dalam pembelajaran siswa studi kasus: SDN Dukuh, Sukabumi. Journal of Elementary Education, 5(1), 78–80. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9996

Published

02-11-2025