Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Novia Ramdhani Universitas Nusa Putra
  • Teofilus Ardian Hopeman Universitas Negeri Manado

Keywords:

Media pembelajaran, hasil belajar, siswa, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan jenis media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran matematika materi pecahan di Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan studi literatur yang bertujuan menganalisis beberapa temuan artikel yang dimuat dalam jurnal atau prosiding penelitian sebelumnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan protokol PRISMA. Terdapat 8 artikel yang termasuk ke dalam included. Adapun Kriteria included: (1) Artikel mencantumkan nama media pembelajaran; (2) Menjelaskan media pembelajaran dengan gambaran yang jelas; (3) Jurnal terbit dalam 5 tahun terakhir; (4) Membahas media pembelajaran matematika SD, khususnya materi pecahan. Kriteria excluded: (1) Jurnal terbit dibawah tahun 2020; (2) Hanya membahas manfaat media; (3) Jurnal tidak menjelaskan nama media; (4) Jurnal tidak menjelaskan pengaruh media terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran inovatif, seperti papan puzzle pecahan dan papan flannel pecahan, secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Dasar terhadap materi pecahan. Penelitian ini menegaskan bahwa media visual dan konkret tidak hanya memperjelas konsep, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh yaitu media pembelajaran visual lebih dominan digunakan dan memberikan pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan media audio atau audio-visual dalam pembelajaran matematika materi pecahan di sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru dalam merancang metode pembelajaran yang menarik, bagi sekolah dalam mendukung pengembangan media inovatif, serta menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut tentang efektivitas media pembelajaran.

Published

02-11-2025