Membangun Kesiapan Sekolah melalui Pembelajaran yang Mindful, Meaningful, dan Joyful di Indonesia

Authors

  • Rukiana Novianti Putri Universitas Airlangga
  • Fitri Andriani Universitas Airlangga

Keywords:

kesiapan sekolah, mindful learning, meaningful learning, joyful learning

Abstract

Kesiapan sekolah merupakan landasan fundamental yang akan mendukung keberhasilan anak dalam menempuh pendidikan di tingkat sekolah dasar. Kesiapan sekolah diartikan sebagai tingkat kesiapan menyeluruh anak untuk memasuki serta berpartisipasi secara optimal dalam lingkungan belajar formal, dengan memperhatikan keterpaduan antara aspek perkembangan psikologis dan kemampuan belajar. Berbagai tantangan seperti keterlambatan perkembangan fisik-motorik, kognitif, sosial-emosional, serta kurangnya stimulasi lingkungan merupakan faktor yang dapat menghambat proses kesiapan tersebut. Artikel ini merupakan telaah literatur yang bertujuan mengkaji kontribusi pendekatan pembelajaran mindful, meaningful, dan joyful dalam membentuk kesiapan sekolah pada konteks pendidikan Indonesia. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menelaah berbagai literatur ilmiah satu dekade terakhir, yang dikumpulkan melalui database Scopus dan Google Scholar berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi tertentu. Hasil kajian menunjukkan pembelajaran mindful mendukung regulasi emosi dan fokus perhatian anak dalam belajar; pembelajaran meaningful memperkuat pemahaman konsep dan motivasi anak; sementara pembelajaran joyful mendorong sikap positif terhadap sekolah dan meningkatkan keterlibatan anak dalam kegiatan belajar. Integrasi ketiga pendekatan ini berkontribusi secara signifikan terhadap aspek perkembangan yang esensial untuk menunjang kesiapan sekolah. Temuan ini merekomendasikan pengintegrasian pendekatan mindful, meaningful, dan joyful dalam kurikulum PAUD dan Sekolah Dasar kelas awal, serta pelibatan aktif guru dan orang tua untuk menciptakan pengalaman belajar utuh dan bermakna bagi anak.

Published

02-11-2025